SOLOPOS.COM - Patung Septimius Severus di Museum Capitolini, Roma, Italia. (Wikipedia)

Berikut catatan peristiwa dunia hari ini, 4 Februari.

Solopos.com, SOLO — Beragam peristiwa bersejarah terjadi di berbagai penjuru dunia pada 4 Februari. Dihimpun Solopos.com dari laman Thepeoplehistory, Brainyhistory, dan Wikipedia, berikut sejumlah peristiwa tersebut:

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

211
Kaisar Romawi Septimius Severus meninggal dunia di Eboracum ketika bersiap-siap memimpin perang dengan orang-orang Kaledonia. Eboracum adalah sebuah kota di Inggris yang kini bernama York.

634
Pasukan muslim yang dipimpin Yazid bin Abu Sufyan mengalahkan pasukan Byzantium di dekat Gaza, Palestina dalam pertempuran selama delapan hari. Pertempuran itu dikenal dengan nama Pertempuran Datinah.

960
Zhao Kuangyin dinobatkan sebagai pemimpin pertama Dinasti Song dengan gelar Kaisar Song Taizu setelah berhasil mengudeta Kaisar Gong. Dinasti Song berkuasa selama tiga abad di Tiongkok sebelum akhirnya diinvasi bangsa Mongol.

1789
George Washington terpilih menjadi presiden pertama Amerika Serikat (AS) oleh Lembaga Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden AS. Ia didampingi John Adams sebagai wakil presiden.

1794
Parlemen Prancis menghapus perbudakan di seluruh wilayah Prancis. Namun kembali diterapkan di Hindia Barat yang dikuasai Prancis pada 1802. Hindia Barat kini dikenal dengan nama Kepulauan Karibia.

1938
Film animasi Snow White and the Seven Dwarfs diluncurkan dan kali pertama ditayangkan di Bioskop Carthay Circle di Amerika Serikat (AS). Film ini merupakan salah satu dari dua film animasi yang masuk dalam daftar 100 film terbaik versi American Film Institute pada 1997.

1945
Tentara India bentukan Inggris yang disebut British Indian Army bertempur dengan pasukan Kekaisaran Jepang di Sungai Irrawaddy yang kini masuk dalam kawasan Myanmar. Pertempuran itu dikenal dengan nama Pertempuran Pokoku dan Operasi Sungai Irrawaddy.

1959
Boneka Barbie diciptakan Ruth Handler, seorang pendiri perusahaan mainan di Amerika Serikat (AS), Mattel. Nama Barbie diambil dari nama anak perempuan Ruth.

1973
Oscar de la Hoya, lahir di Los Angeles, California, Amerika Serikat (AS). Ia adalah petinju kelas menengah ringan (light middleweight) keturunan Meksiko-AS yang dijuluki The Golden Boy atau si bocah emas. Selama karirnya, ia sudah menjalani 45 pertarungan, menang 39 kali yang 30 di antaranya menang KO. Oscar hanya kalah enam kali menelan kekalahan selama kariernya.

2004
Layanan jejaring sosial Facebook resmi diluncurkan oleh sang pendiri, Mark Zuckerberg. Pada September 2012, Facebook telah memiliki pengguna aktif lebih dari satu miliar. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya