SOLOPOS.COM - Gambar proses pembuatan keju pada buku kesehatan abad ke-14 berjudul Tacuinum Sanitatis. (Wikipedia)

Berikut catatan peristiwa dunia hari ini, 3 Februari.

Solopos.com, SOLO — Beragam peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia pada 3 Februari. Dihimpun Solopos.com dari laman Internet Thepeoplehistory, Brainyhistory, dan Wikipedia, berikut ini beberapa peristiwa tersebut:

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

1815
Pabrik keju komersial pertama di dunia mulai beroperasi di Swiss. Keju menjadi bahan makanan yang populer hingga kini.

1867
Pangeran Mutsuhito yang baru berusia 14 tahun resmi ditetapkan menjadi kaisar Jepang dengan sebutan Kaisar Meiji. Ia memangku tahta selama 45 tahun sebelum mangkat pada 30 Juli 1912 karena sejumlah penyakit yang ia derita.

1915
Pasukan Ottoman dan Jerman tiba di Terusan Suez. Mereka akan menyerang pasukan Inggris yang menguasai Terusan Suez. Terusan Suez terletak di sebelah barat Semenanjung Sinai.

1919
Pertemuan pertama Liga Bangsa-Bangsa digelar di Paris, Prancis. Presiden ke-28 Amerika Serikat (AS) Woodrow Wilson menjadi pemimpin organisasi ini. Organisasi ini lantas digantikan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) karena memiliki tujuan yang sama.

1927
Presiden ke-30 Amerika Serikat (AS) John Calvin Coolidge menandatangani RUU penyelenggaraan Komisi Radio Federal. Saat ini, Komisi Radio Federal adalah organisasi yang mengeluarkan izin penyiaran radio di AS.

1950
Klaus Fuchs ditangkap karena menyampaikan informasi rahasia tentang bom atom kepada Uni Soviet. Klaus Fuchs adalah ahli nuklir yang datang ke Inggris setelah Perang Dunia II berakhir untuk membantu mengembangkan bom atom di Inggris.

1962
Presiden ke-35 Amerika Serikat (AS) John F. Kennedy menyetop perdagangan ke Kuba kecuali untuk makanan dan obat-obatan. Hal ini terkait paham komunis yang mulai dianut Kuba dan berseberangan dengan AS.

1973
Perjanjian damai antara Vietnam dan Amerika Serikat (AS) ditandatangani kedua belah pihak. Setelah itu, pasukan militer AS ditarik dari Vietnam. Namun sejumlah pertempuran antara pasukan militer Vietnam dengan pasukan militer AS masih berlangsung di Vietnam hingga 1975.

2007
Pelaku bom bunuh diri yang membawa truk berisi bahan peledak skala besar menyerang Baghdad, Irak. Serangan ini menewaskan lebih dari 130 warga Syiah.

2011
Badai salju melanda Amerika Serikat (AS) dan Kanada. Badai ini menyebabkan banyak kerusakan bangunan dan melumpuhkan perekonomian di beberapa kawasan selama beberapa hari. Lebih dari 2.000 penerbangan pesawat dibatalkan dan banyak bangunan runtuh akibat tertimbun salju. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya