SOLOPOS.COM - Elvis Presly (Rockhall.com)

Inilah catatan peristiwa dunia hari ini 28 Januari.

Solopos.com, SOLO – Beragam peristiwa di berbagai belahan dunia terjadi pada 28 Januari. Dihimpun Solopos.com dari laman Thepeoplehistory dan Wikipedia, berikut peristiwa tersebut:

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

814
Charlemange, seorang raja dari kaum Frank sekaligus pendiri Kerajaan Romawi Suci dengan gelar Karel I wafat karena menderita radang paru-paru. Selama masa pemerintahannya, ia telah menaklukan berbagai wilayah guna memperluas kekuasaannya. Keberhasilan itu membuat dirinya disebut sebagai pendiri negara Prancis dan Jerman. Bahkan, beberapa orang menyebutnya sebagai Bapak Pendiri Eropa.

1624
Sir Thomas Warner mendirikan koloni Inggris pertama di Pulau Saint Kitts, Karibia. Sejak kedatangan Warner, Sant Kitts menjadi sebuah pulau yang kerap disinggahi orang-orang dari Eropa.

1855
Kereta Api Panama memakai lokomotif uap pertama untuk melakukan perjalanan dari Atlantik ke Pasifik. Lokomotif adalah benda penting yang berfungsi menarik gerbong kereta.

1909
Tentara Amerika Serikat meninggalkan Kuba setelah perang antara Spanyol dan Amerika Serikat berakhir. Perang ini terjadi karena Amerika Serikat ikut campur atas isu politik luar negeri di koloni Spanyol.

1933
Choudhry Rahmat Ali Khan mengusulkan nama Pakistan untuk sebuah negara yang berbatasan dengan India. Nama tersebut kemudian disetujui oleh warga muslim India dan diresmikan sebagai nama negara setelah pakistan merdeka. Pakistan dalam bahasa Urdu maupun Persia memiliki arti tanah yang murni.

1935
Islandia menjadi negara pertama yang melegalkan aborsi. Pemerintah Islandia menganggap aborsi merupakan salah satu tindakan medis yang paling aman dalam bidang kedokteran asal dilakukan dengan obat-obatan herbal dan metode tradisional lain dengan alasan khusus yang bisa diterima.

1956
Penyanyi rock Elvis Presley kali pertama tampil di acara hiburan yang disiarkan stasiun televisi. Saat itu, ia menyanyikan lagu Heartbreak Hotel yang sangat terkenal pada era tahun 50-an.

1958
Perusahaan lego di Denmark mematenkan desain mainan tersebut yang masih dipakai sampai saat ini. Lego merupakan mainan plastik berupa kepingan yang bisa dibongkar pasang dan disusun membentuk sesuatu seperti kereta api, rumah, kapal, pesawat terbang, hingga robot. Mainan ini kali pertama dibuat dari bahan kayu oleh Ole Kirk Christiansen pada 1934 di Billund, Denmark.

2012
Presiden Yaman, Ali Abdullah Saleh tiba di Amerika Serikat untuk melakukan pengobatan akubat usaha pembunuhan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang tidak menyukainya. Usaha pembunuhan itu dilakukan saat ia sedang beribadah Masjid Al Saleh di Sana’a, Yaman.

2013
Ratu Beatrix dari Belanda mengumumkan dirinya akan turun tahta dan mewariskannya kepada putra mahkota Pangeran Willem Alexander. Ia mengaku sudah tidak kuat lagi memikul tanggung jawab melayani masyarakat. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya