SOLOPOS.COM - Shah Rukh Khan. (Indianexpress.com)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 2 November, dihimpun dari berbagai belahan dunia.

Solopos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 2 November. Dihimpun dari The People History dan Brainy History, berikut rangkuman peristiwa yang Solopos.com rangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 2 November, demi mengenangnya.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

1790
William Herschel, seorang astronom asal Jerman, menemukan galaksi NGC39. Galaksi berbentuk spiral ini ditemukan di dekat rasi bintang Andromeda. Sebelum menemukan galaksi ini, dia lebih dulu dikenal sebagai penemu Planet Uranus.

1914
Kekaisaran Rusia mengumumkan perang kepada Kerajaan Ottoman pada Perang Dunia I. Perang itu akhirnya membuat perairan Dardanelles di Turki ditutup. Dardanelles merupakan perairan di sebelah barat laut Turki yang merupakan batas antara Eropa dan Asia.

1936
Stasiun televisi asal Inggris, BBC, meluncurkan layanan publik pertama di dunia dengan gambar beresolusi tinggi dari pemancar Alexandra Palace di London. Saluran ini kemudian berganti nama menjadi BBC One yang masih beroperasi sampai sekarang.

Ilustrasi pengeboman di Jerman pada PD I. (Sahistory.com)

Ilustrasi pengeboman di Jerman pada PD I. (Sahistory.com)

1940
Serangan bom dahsyat selama Perang Dunia II terjadi di beberapa tempat, seperti Jerman dan Yunani. Kejadian ini disebut-sebut sebagai yang paling brutal sepanjang sejarah Perang Dunia II.

1953
Beberapa negara di Timur Tengah, seperti Suriah, Yordania, dan Lebanon, menolak kesepakatan dengan Israel terkait pengembangan Sungai Yordan. Penolakan itu terjadi lantaran mereka tidak mau berurusan dengan kaum Yahudi.

1964
Raja Saud bin Abdulaziz Al Saud digulingkan dari posisinya oleh pihak keluarga dan digantikan oleh saudara tirinya, Faisal bin Abdulaziz Al Saud. Kudeta ini terjadi lantaran selisih pendapat antara Raja Saud dengan pihak keluarga tentang pemerintahan. Dia dituding menggelapkan uang negara. Pihak keluarga kerajaan juga tidak suka dengan caranya mengatur pemerintahan. Sebab, selama menjabat dia menganggap dirinya sebagai raja sekaligus perdana menteri.

1965
Aktor kenamaan Bollywood, Shah Rukh Khan, lahir pada 2 November 1965 di New Delhi, India. Dia merupakan salah satu artis India yang meraih kesuksesan luar biasa di jagat hiburan dunia. Dia telah membintangi puluhan judul film yang laris manis di India dan beberapa negara lain. Kesuksesan itu membuatnya dijuluki sebagai King of Bollywood.

Richard Nixon. (Usnews.com)

Richard Nixon. (Usnews.com)

1973
Wakil Presiden Amerika Serikat, Gerald R. Ford, menyetujui keputusan penyelidikan terhadap Presiden Richard Nixon terkait Skandal Watergate. Pasalnya, beberapa pihak kala itu meyakini Nixon terlibat dalam skandal politik bersama sejumlah pejabat lainnya yang mengakibatkan krisis konstitusi. Pada akhirnya, Nixon mengundurkan diri sebagai tanggapan atas ruwetnya pemberitaan terkait skandal itu.

1990
Presiden Amerika Serikat, George Bush, mengadakan pertemuan di Ohio untuk membicarakan rencana pengusiran Saddam Hussein dari Kuwait. Pasalnya, Saddam Hussein yang kala itu menjabat sebagai Presiden Irak telah mencaplok wilayah Kuwait dan menguasai sekitar 20% cadangan minyak dunia.

Ellya Khadam. (Youtube.com)

Ellya Khadam. (Youtube.com)

2009
Biduan musik Melayu legendaris, Siti Alya Husna atau yang lebih dikenal dengan nama Ellya Khadam, meninggal di Bogor, Jawa Barat, 2 November 2009. Selama ini, dia dikenal sebagai penyanyi dan penulis lagu dangdut populer di era 1950-an. Lagunya yang paling melejit adalah Boneka dari India dan Pergi Tanpa Pesan yang kemudian dinyanyikan ulang beberapa pedangdut Indonesia. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 1 November
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 31 Oktober
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia,
30 Oktober

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya