SOLOPOS.COM - Bangunan peninggalan orang-orang Belanda dari awal abad ke-20 di Pearl Street, Manhattan, New York, AS. (Wikipedia)

Berikut ini catatan peristiwa dunia hari ini, 2 Februari.

Solopos.com, SOLO — Banyak peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia pada 2 Februari. Berikut ini Solopos.com merangkumnya peristiwa-peristiwa yang terjadi pada 2 Februari dari tahun ke tahun dari Brainyhistory, Thepeoplehistory, dan Wikipedia:

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

1653
Permukiman orang-orang Belanda bernama New Amsterdam di ujung selatan Pulau Manhattan, Amerika Serikat (AS) resmi menjadi kota karena perkembangannya yang sangat pesat selama dikuasai pemerintahan Negeri Belanda. Kota itu kini dikenal dengan nama New York, salah satu kota di AS yang terkenal di dunia.

1933
Dua hari setelah dikukuhkan menjadi kanselir Jerman, Adolf Hitler mengubah sistem pemerintahan dari republik menjadi totaliter. Hal ini yang lantas menjadi awal dirinya dikenal sebagai salah satu diktator terkejam di dunia.

1943
Pasukan militer Jerman menyerah kepada pasukan militer Rusia dalam Pertempuran Stalingard. Pertempuran itu adalah salah satu yang terbesar selama Perang Dunia II.

1955
Presiden ke-34 Amerika Serikat (AS) Dwight D. Eisenhower menjadi kepala negara pertama di dunia yang melakukan konferensi pers dengan ditayangkan di televisi. Stasiun televisi yang menayangkan konferensi pers tersebut adalah American Broadcasting Company (ABC).

1964
Mainan action figure yang diberi nama G.I. Joe kali pertama diluncurkan oleh salah satu perusahaan pembuat mainan di Amerika Serikat (AS), Hasbro. G.I. Joe lantas diadopsi menjadi sekuel film pada 1987 dengan judul G.I. Joe: The Movie dan terakhir pada 2013 lalu dengan judul G.I. Joe: Retaliation.

1972
Kedutaan Inggris di Dublin, Republik Irlandia diserang demonstran dengan dilempari bom bakar. Aksi demonstran ini adalah bentuk pembalasan atas penembakan yang dilakukan pihak militer Inggris terhadap warga Irlandia yang berdemonstrasi di Londonderry dan menewaskan 14 orang. Londonderry adalah kota yang kini termasuk dalam kawasan Irlandia Utara.

1990
Presiden Afika Selatan (Afsel) berjanji membebaskan Nelson Mandela setelah dipenjara selama 27 tahun di tiga penjara berbeda, yakni di Penjara Pulau Robben, Penjara Pollsmoor, dan Penjara Victor Verste atas tuduhan kudeta. Empat tahun berselang, Nelson Mandela menjadi presiden berkulit hitam pertama Afsel.

2006
Badan Pengawas Nuklir PBB mengadakan sidang darurat di Wina, Austria terkait pengembangan nuklir yang dilakukan Iran. Nuklir Iran hingga kini masih menjadi isu yang hangat diperbincangkan.

2007
Setelah melakukan penelitian puluhan tahun, para peneliti yang tergabung dalam Diskusi Perubahan Iklim Antarpemerintah atau Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) PBB memastikan perubahan iklim terjadi karena ulah manusia. Para peneliti menyatakan suhu bumi mengalami peningkatan yang signifikan sejak pertengahan abad ke-20. Kini perubahan iklim itu disebut dengan pemanasan global atau global warming.

2013
Iran memperkuat pertahanan negaranya dengan meluncurkan pesawat jet tempur siluman Qaher-313. Menteri Pertahanan Iran kala itu, Ahmad Vahidi, mengklaim pesawat itu dibangun menggunakan material terbaik dan menggabungkan sistem elektronik tercanggih. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semrangpos.com)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya