SOLOPOS.COM - Prabowo Subiyanto (wikipedia.com)

Prabowo Subiyanto (wikipedia.com)

JAKARTA-Tokoh nasional dari militer diyakini masih mampu memengaruhi persepsi publik pada pilres 2014 mendatang. Dari 18 tokoh capres potensial yang disurvei Lembaga Survei Indonesia (LSI), sejumlah nama muncuk dari latarbelakang militer.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

“Persepsi publik lama terpengaruh pada seorang jenderal pada masa orde baru. Sosok tegas itu ada di militer,” ujar pengamat politik dari Charta Politika Yunarto Wijaya seperti dikutip detikcom, Selasa (4/12/2012).

Nama tersebut diantaranya, Prabowo Subianto, Wiranto dan Endriartono Sutarto. Mereka dinilai memiliki karakter kepemimpinan yang berbeda. Meski begitu diyakini hanya Endriartono yang dinilai memiliki track record lebih baik diantara Prabowo dan Wiranto.

“Memang Prabowo dan Wiranto tidak lepas dari kasus-kasus masa lalu. Kalau ditelaah, karir milter Endriartono tidak terlalu kontroversial,” ungkapnya.

Meski diyakini memiliki track record lebih baik, Endriartono belum bisa menyaingi kepopuleran Prabowo dan Wiranto. Endriartono masih jauh dibawah kepopuleran Prabowo dan Wiranto.

“Problemnya pengenalan publik terhadap Endriartono masih rendah. Sehingga popularitasnya juga rendah,” imbuhnya.

Yunarto menegaskan saat ini publik tidak hanya berpatokan pada tokoh sipil atau militer saja. Melainkan lebih kepada karakter pribadi masing-masing tokoh.

“Track recordnya dilihat dari kepribadian. Orang melihat karakter pribadinya seperti apa,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya