SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta--Candi di atas tanah sudah biasa. Namun bila candi tersebut berada di dasar laut tentu luar biasa. Karena itu ketika foto candi bawah laut beredar di Twitter, perhatian khalayak pun tersedot.

Kebenaran foto tersebut memang masih belum terungkap. Namun keberadaan candi di bawah laut bukanlah hal yang tidak mungkin. Tsunami yang terjadi di masa lalu bisa mengakibatkan candi terkubur oleh air.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

“Kalau daerah di pinggir (pantai) terkena hantaman gempa atau tsunami, maka (candi bawah laut) bisa terjadi. Sebab bisa longsor ke bawah,” kata arkeolog senior Prof Dr Mundardjito saat dihubungi detikcom, Rabu (4/8).

Mundardjito mencontohkan pantai Aceh bagian utara. Ketika tsunami menerjang, daerah yang semula satu tanah utuh menjadi terpecah-pecah seperti gugus pulau. Hal itu terjadi karena ada daratan yang jatuh.

Selain karena tsunami, candi bawah laut juga bisa terjadi karena candi yang dibangun di suatu pulau kecil tenggelam lantaran air naik.

“Karena panas global, air jadi naik ke atas sehingga pulau ternggelam. Itu seperti Pulau Seribu, dulu kan banyak pulaunya,” jelas pria yang dijuluki Bapak Arkeolog Indonesia ini.

Terkait kemungkinan kebenaran candi di bawah laut yang menurut informasi di Twitter berada di perairan antara Jawa dan Bali, Mundardjito mengaku masih belum jelas. “Dulu di situ mungkin ada bangunan yang tenggelam bisa saja. Tapi saya belum memiliki data, jadi belum jelas,” ucapnya.

dtc/nad

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya