SOLOPOS.COM - Mantan Danrem Solo, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, disebut-sebut sebagai kandidat atau calon kuat Pangkostrad menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman. (Istimewa/Dok Maruli Simanjuntak)

Solopos.com, SEMARANG — Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja melantik Dudung Abdurachman sebagai Kepala Staf TNI AD (Kasad). Dengan dilantiknya Dudung Abdurachman sebagai Kasad, praktis posisi Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) saat ini kosong. Lantas siapakah calon pengganti Dudung sebagai Pangkostrad?

Dipercaya mengemban tugas sebagai Kasad, pangkat Dudung pun naik satu tingkat dari letnan jenderal (Letjen) menjadi jenderal. Ia dilantik sebagai Kasad oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Rabu (17/11/2021). Sebelum melantik Dudung, Jokowi lebih dulu melantik Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Dengan dilantiknya Dudung Abdurachman sebagai Kasad, praktis posisi Pangkostrad saat ini kosong. Sejumlah nama jenderal bintang tiga dan dua pun disebut-sebut berpeluang kuat menjadi orang nomor satu di Pasukan Cakra itu.

Baca juga: Berikut Profil Dudung Abdurachman, Kasad Baru Pengganti Andika Perkasa

Dikutip dari Okezone.com, ada beberapa nama yang santer diberitakan bakal menggantikan posisi yang ditinggalkan Dudung sebagai Pangkostrad. Dari sederet nama itu, salah satunya adalah mantan Danrem 074/Warastratama Solo yang juga menantu Menteri Koordinator Martim dan Investasi (Menko Marivest), Luhut Binsar Pandjaitan, yakni Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.

Maruli saat ini menjabat sebagai Panglima Kodam IX Udayana. Sebelumnya, lulusan Akademi Militer (Akmil) 1992 itu pernah menjabat sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), Kasdam IV Diponegoro, dan juga Danrem 074 /Warastratama Solo pada tahun 2016-2017 lalu.

Selain Maruli, nama jenderal bintang dua yang juga masuk dalam bursa atau calon Pangkostrad adalah Mayjen TNI Mulyo Aji, yang saat ini menjabat sebagai Pangdam Jaya. Mulyo Aji merupakan rekan satu angkatan Andika Perkas di Akmil 1987.

Jika terpilih, Mulyo Aji akan mengikuti jejak Kasum TNI Letjen TNI Eko Margiyono. Eko sebelumnya menjabat Pangdam Jaya lalu dipromosikan menjadi pangkostrad.

Baca juga: Mantan Danrem Solo Jabat Kasdam IV Diponegoro

Selain itu, muncul nama Mayjen TNI Agus Subiyanto yang saat ini menjabat sebagai Pangdam III/Siliwangi. Sebagaimana Maruli, jenderal Kopassus abituren Akmil 1991 ini juga pernah menjabat Danpaspampres.

Selain Eko Margiyono, nama yang juga muncul dalam bursa Pangkostrad pengganti Dudung Abdurachman adalah Dankodiklat TNI Letjen TNI Madsuni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya