SOLOPOS.COM - Ilustrasi, ujian praktik pembuatan SIM (JIBI/SOLOPOS/dok)

Ilustrasi, ujian praktik pembuatan SIM (JIBI/SOLOPOS/dok)

SOLO-Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Matrius, berjanji tindak tegas para calo yang berkeliaran di area Kantor Satlantas Polresta Solo (eks Mapolwil Surakarta). Tindakan itu dilakukan guna mengantisipasi adanya praktik percaloan yang merugikan banyak orang.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Kami langsung merespon laporan masyarakat yang resah adanya praktik calo di kantor Satlantas,” tegas Matrius mewakili Kapolresta Solo, Kombes Pol Asjima’in, kepada wartawan, Jumat (13/7/2012).

Menurut Matrius, praktik percaloan tidak termasuk dalam mekanisme pelayanan SIM dan pelayanan surat-surat kendaraan lainnya. Dengan kejadian itu, pihaknya sudah mengecek para juru parkir (jukir) yang diduga melakukan praktik percaloan. “Jukir yang nyambi jadi calo justru mematikan lahan pangan sendiri. Karena kepercayaan masyarakat terhadap jukir akan berkurang. Semestinya, seorang juru parkir ya harus bekerja sesuai tupoksinya, menjaga dan mengamankan kendaraan,” kata Matrius.

Praktik percaloan di area Kantor Satlantas Polresta Solo, menurut Matrius, tidak bisa dibiarkan begitu saja. Di samping itu, pihaknya menginginkan masyarakat jangan memberi kesempatan pada para calo untuk melanggengkan praktik tersebut. “Kami tidak bisa intensif untuk memantau para jukir di area Satlantas. Praktik percaloan itu dilakukan secara sembunyi-sembunyi,” kata Matrius.

Bagi masyarakat pemohon SIM, sambung Matrius, tidak perlu khawatir untuk datang langsung ke Kantor Satlantas dan bertanya pada petugas kepolisian yang bersangkutan. Karena prosedur penerbitan SIM sudah jelas dan baku. “Kami akan cek dan evaluasi baik dari internal maupun eksternal. Jika ada anggota kami terlibat, akan kami tindak tegas,” terang orang nomor satu di jajaran Satlantas Polresta Solo.

Seperti diberitakan, seorang anggota intelkam Polsek Banjarsari, AKP Mediyanto, nyaris menjadi korban dari para calo yang berada di Kantor Satlantas Polresta Solo, Rabu (11/7).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya