SOLOPOS.COM - Suasana gerbang Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) di Jawa Barat, Sabtu (13/4/2015). Penggunaan jalan tol terpanjang se-Indonesia dengan jarak 116 kilometer itu dibuka untuk umum mulai Senin (15/6/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Vitalis Yogi Trisna)

Bus rombongan wisata dari Kampung Sewu, Solo, mengalami kecelakaan di Tol Cipali. Satu orang dilaporkan kritis.
Solopos.com, SUBANG — Kecelakaan kembali terjadi di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), tepatnya di KM 122.400, Senin (23/1/2017) pagi, antara bus dengan truk Fuso pengangkut pasir. Dilaporkan sebanyak 14 korban mengalami luka-luka, salah satunya dalam kondisi kritis.
Dikutip Solopos.com dari Elshinta.com, korban kritis tersebut bernama Winanto, 56, warga Kampung Sewu RT 002/RW 005 Desa Sewu, Jebres, Solo. Korban berada di Rumah Sakit Thamrin Purwakarta, Jawa Barat.
Kecelakaan terjadi antara bus pariwisata Pandawa Wolu Pitu berpelat nomor AD 1729 BD dengan truk pengangkut pasir berpelat nomor DD 8209 FU, di ruas Palimanan arah Cikopo.
Sementara itu, dilaporkan Juaranews.com, korban luka lainnya diketahui bernama Satini, 52; Maelani, 52; Suminah, 69; Jumiatin, 45; Ruminah Uminasih, 50; dan Aryanti, 53. Mereka berasal dari Kampung Sewu RT 002/RW 005 Kelurahan Sewu, Jebres, Solo.
Menurut Samsul, salah satu korban, seperti dilaporkan Elshinta, menyebutkan bus pariwisata Pandawa Wolu Pitu yang dikemudikan oleh Andi Suwandi membawa rombongan PKK dari Solo. Bus yang mengangkut 40 penumpang itu menuju tempat wisata di Ciater, Subang.
Namun kecepatan tidak bisa dikendalikan dan menabrak truk pasir. Akibatnya truk pasir terbalik dan bus ringsek. “Sekitar 30 lebih penumpang mengalami luka-luka, dan 4 lainnya dalam keadaan selamat,” kata Samsul seperti ditulis Elshinta.com.
Korban luka dibawa ke RS Thamrin, Purwakarta, dan sebagian lainnya dibawa ke RS Cieteng, Subang. Kanit PJR Cipali, Iptu Heri Pranata, seperti dikutip dari sumber yang sama, menyebutkan penyebab kecelakaan tersebut diduga karena pengemudi bus mengantuk sehingga tidak menjaga jarak dengan kendaraan di depannya.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya