SOLOPOS.COM - Ilustrasi penumpang kereta api yang terlibat dalam arus mudik Lebaran dengan kereta api kelas Ekonomi di Jakarta. (JIBI/Solopos/Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Tiket kereta api untuk mudik pada H-10 Lebaran sudah bisa dipesan sekarang.

Solopos.com, BANDUNG — PT KAI Daop 2 Bandung memprediksi penjualan tiket kereta api Lebaran 2017 untuk H-10 akan banyak diburu masyarakat. Hal ini karena mayoritas pengguna ingin pulang ke kampung halaman lebih dulu.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung Joni Martinus mengatakan, berdasarkan pengalaman arus mudik tahun sebelumnya penjualan tiket untuk H-10 yang pada tahun ini bertepatan dengan 15 Juni 2017 menjadi tanggal favorit masyarakat untuk mudik.

“Tiket kereta api sudah bisa dipesan jauh hari sebelumnya dan seperti diketahui bersama bahwa Idulfitri akan jatuh pada 25 dan 26 Juni atau sekitar 3 bulan ke depan,” katanya, kepada wartawan di Bandung, Kamis (9/3/2017).

Sekadar gambaran, total harian penumpang pada 1-8 Maret 2017 yang berangkat dari Stasiun Bandung mencapai 35.000 orang setiap harinya. Sedangkan pada akhir pekan bisa mencapai 50.000 orang. Adapun jumlah penumpang untuk jarak jauh setiap harinya mencapai 7.000 orang dan 10.000 orang pada akhir pekan.

Apabila dilihat dari kelasnya, kelas ekonomi masih menjadi favorit mencapai 51.396, eksekutif 20.131 orang dan bisnis 7.886 orang. Tiket pembelian untuk H-10 Idulfitri 2017 sudah bisa didapatkan pada 17 Maret 2017.

“Pemesanan bisa dilakukan melalui website PT KAI atau www.kereta-api.co.id atau melalui aplikasi KAI acess yang bisa diunduh di ponsel,” ucapnya.

Selain itu, pemesanan pun tersedian secara online di beberapa situs penjual tiket dan gerai-gerai mini market. Masyarakat dihimbau untuk merencanakan perjalanan menggunakan kereta api pada saat lebaran nanti. Pasalnya, minat masyarakat untuk menggunakan kereta api saat mudik selalu tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya