SOLOPOS.COM - Pialang beraktivitas di galeri bursa saham Frankfurt, Jerman,(JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Bursa saham Eropa menguat setelah pemerintah Yunani menunjukkan komitmen untuk membayar utang luar negeri.

Solopos.com, ATHENA — Bursa saham Eropa dalam kepercayaan tinggi. Bursa Yunani mengalami reli setelah pemerintah setempat mengganti tim negosiasi utang dan ikut membuat saham-saham di Eropa melejit.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Dikutip dari Bloomberg, Indeks Stoxx Europe 600 naik 1% ke 412.42 pada penutupan perdagangan Senin (27/4/2015). Yunani membatasi wewenang Menteri Keuangan Yanis Varoufakis dalam negosiasi utang dengan para kreditor. Hal itu terjadi setelah Uni Eropa mengkritik Yanis dalam pertemuan Jumat lalu. Eropa sempat menolak memberikan bantuan lebih karena kecewa.

Indeks acuan Eropa itu berbalik menguat hingga 0,7% setelah PM Yunani Alexis Tsipras bersedia membatalkan rencana pemberlakuan upah minimum dan mengubah sejumlah program reformasi ekonomi. Bursa Yunani pun melejit ke level tertinggi dalam dua bulan terakhir dan mengindikasikan ada kompromi antara pembayaran upah dan dana pensiun pekan ini dengan pembayaran utang ke IMF yang jatuh tempo 6 Mei 2015.

“Bursa cepat bereaksi terhadap berita tentang Tsipras yang bersedia melepas salah satu janji kampanyenya,” kata Ramiro Loureiro, analis dari Banco Comercial Portugues SA’s Millennium unit. “Pasar jelas melihat ini sebagai tanda Yunani mendekat ke zona Eropa.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya