SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Bursa saham Asia terjungkal untuk kali pertama setelah mengalami penguatan dalam tiga pekan.

Solopos.com, JAKARTA — Bursa saham Asia terjungkal dan menyeret ekuitas patokan regional turun setelah mengalami penguatan selama tiga pekan.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Pelemahan ini dipicu oleh penurunan saham produsen energi dan saham Jepang yang tergelincir pada hari terakhir perdagangan tahun ini. Indeks MSCI Asia Pacific Index (MXAP) turun 0,1% ke level 138,25 pada pukul 09:01 waktu Tokyo, sebelum pasar dibuka di Hong Kong dan China.

Saham energi memimpin penurunan setelah minyak tenggelam kemarin ke level terendah selama lebih dari lima tahun. Di sisi lain, indeks Topix Jepang turun 0,1%.

“Kelihatannya pasar dinilai. Penilaian pasar secara keseluruhan masih menyisakan sedikit margin untuk kesalahan,” kata Matthew Coffina, analis ekuitas berbasis di Chicago pada Morningstar Inc, seperti dikutip Bloomberg, Selasa (30/12/2014).

Saham China telah memimpin kenaikan di Asia pada 2014, dengan indeks Shanghai Composite melonjak 50%. Indeks Australia S & P / ASX 200 turun 0,2%, Indeks NZX 50 Selandia Baru naik 0,1%, dan Indeks Kospi Korea Selatan naik 0,4%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya