SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Solopos.com, JAKARTA — Sebagian bursa Asia naik pagi ini, Rabu (19/11/2014) setelah PM Jepang Shinzo Abe memutuskan untuk mempercepat pemilu dan saham-saham AS mengalami reli tertinggi ke rekor tertinggi.

Indeks MSCI Asia Pacific naik 0,1% ke 140,75 pada pukul 09.05 waktu Tokyo dengan tiga saham naik setiap satu saham turun. Shinzo Abe menyatakan akan membubarkan parlemen Jepang pada 21 November mendatang tanpa menyebutkan kapan pemilu digelar.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Abe juga menyatakan menunda rencana kenaikan pajak penjualan kedua selama 18 bulan setelah kenaikan pertama pada April lalu. Kenaikan pajak penjualan pertama telah menimbulkan stagnasi ekonomi dalam dua kuarter 2014.

“Kami meramalkan reli ekuitas Jepang berlanjut. Hal ini berlanjut di pasar yang mulai tenang, yen yang melemah, dan reformasi ekonomi,” kata Khiem Do dari Baring Asset Management Ltd seperti dikutip Bloomberg.

Indeks Topix Jepang melejit 0,7% saat yen berada di level terendah dalam 7 tahun terakhir terhadap dolar AS. Abe meminta para menterinya untuk menyiapkan paket stimulus. Bank of Japan akan menggelar pertemuan dua hari untuk membahas kebijakan tersebut.

Indeks Kospi Korsel naik 0,1%/Indeks NZX 50 Selandia Baru naik 0,1% dan indeks S&P/ASX 200 Australia turun 0,2%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya