SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Bursa saham Asia menguat pada pembukaan hari ini seiring menguatnya ekonomi AS.

Solopos.com, JAKARTA — Bursa saham Asia kembali naik dipimpin penguatan saham-saham Jepang seiring pertumbuhan ekonomi AS pada kuarter terakhir tahun ini yang mencapai rekor tercepat sejak 2003.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Indeks MSCI Asia Pacific melejit 0,4% pada Rabu (24/12/2014) pukul 09.24 waktu Tokyo. Di Jepang, indeks Topix melonjak 0,9% setelah libur kemarin. Sedangkan indeks Dow Jones Industrial Average diperkirakan kembali menguat tipis kurang dari 0,1%. Dalam penutupan kemarin, indeks Dow Jones mencapai 18.000 untuk kali pertama.

Sementara itu, harga obligasi Australia justru turun karena turunnya harga minyak dan tekanan dolar AS terhadap sejumlah mata uang lain. Harga minya di New York kembali turun 0,3% ke $56.93 per barel setelah sempat naik 3,4% kemarin.

Pertumbuhan ekonomi AS mencapai 5% pada kuarter ketiga 2014 dibandingkan kuarter yang sama tahun lalu. Angka ini melampaui perkiraan pengamat yang memprediksi ekonomi AS terpengaruh resesi global.

Tanda-tanda itu telah dimulai sejak pertengahan pekan lalu. Bursa saham AS mengalami reli saat The Federal Reserve berjanji tidak meningkatkan suku bunga. Di pihak lain, Shinzo Abe akan kembali menjadi Perdana Menteri Jepang dan menjadi sentimen positif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya