SOLOPOS.COM - Aceng Fikri (berkopiah ) (Dokumentasi/JIBI/Bisnis)

Aceng Fikri (berkopiah ) (Dokumentasi/JIBI/Bisnis)

GARUT—Mahasiswa Garut, Jawa Barat, Senin (17/12/2012), menggelar aksi unjuk rasa di Garut. Mereka mempertanyakan anggaran Panitia Khusus (Pansus) DPRD Garut terkait pernikahan siri Bupati Aceng Fikri.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Pansus DPRD mendapat anggaran senilai Rp800 juta. “Kita pertanyakan uang rakyat yang katanya sebesar Rp800 juta itu dipakai untuk apa saja,” kata Oki Caressa salah seorang mahasiswa saat berorasi di depan kantor DPRD Kabupaten Garut, Senin.

Menurut dia, dana pansus yang dianggarkan itu terlalu besar jika perhitungannya dibandingkan dengan beban kerja Pansus yang hanya memeriksa masalah pernikahan Bupati Garut.

Bahkan tugas Pansus yang sampai mendatangi DPR-RI dan Kementerian Dalam Negeri di Jakarta, kata Oki, terkesan menghambur-hamburkan uang.

“DPRD ke Jakarta mau ngapain, ini kan urusan rumah tangga sendiri, makanya anggaran yang dipergunakan pansus harus bisa dipertanggungjawabkan,” katanya.

Adanya dana dari APBD itu, Oki berharap anggota Pansus dapat menjalankan tugasnya secara objektif tidak terbujuk oleh pihak yang memiliki kepentingan.

Putusan Pansus yang akan diumumkan, Rabu (19/12), lanjut Oki dapat memberikan hasil memuaskan bagi kepentingan masyarakat Garut.

“Tuntutan kami pansus untuk melakukan pemakzulan terhadap Bupati Garut karena telah melakukan pengganggaran undang-undang berlapis,” katanya.

Aksi dari massa Koalisi Mahasiswa Pemuda Garut itu sempat mengancam akan melempari kaca gedung DPRD Garut dengan uang recehan atau koin jika tidak bertemu dengan Pansus untuk beraudiensi.

Ancaman itu akhirnya tidak dilakukan karena pihak DPRD siap menerima mahasiswa untuk melakukan audiensi terkait penyelesaian kasus Bupati Garut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya