SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kuningan–Jajaran Polres Kuningan tetap menyiagakan pasukan di desa Manis Lor, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jabar, setelah terjadi bentrokan antara Ormas Islam dengan kelompok Jema’at Ahmadiyah di desa tersebut sekitar pukul 12.00 WIB, Kamis (29/7).

Kapolres Kuningan AKBP Yoyoh Indayah kepada wartawan di Kuningan, Kamis malam (29/7), mengatakan, bentrokan yang terjadi pada siang tadi mestinya tidak terjadi jika semua pihak dapat menahan diri.

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Pasca bentrokan, situasi hingga pukul 24.00 Kamis, lokasi tempat kelompok Jema’at Ahmadiyah aman dan terkendali, katanya.

“Saat ini Ormas Islam jumlahnya terus berkurang selain hujan deras yang mengguyur kota Kuningan, sehingga mereka membubarkan diri masing-masing, namun pihak kepolisian tetap melakukan penjagaan di semua titik pintu masuk ke desa tersebut,”katanya.

Ia berharap, Jumat siang (30/7), hanya ada kegiatan shalat Jumat di daerah masing-masing, tanpa pengerahan massa secera besar-besaran seperti yang terjadi Kamis padi tadi.      Dikatakannya, pengamanan penuh dilakukan oleh jajaran Polres Kuningan di tambah personil Brimob, kemungkinan untuk Jumat besok masih dijaga ketat meski diperkirakan Ormas Islam sudah kembali ke daerahnya masing-masing.

Sementara itu, Yadi, 34 warga setempat menuturkan, penjagaan pihak kepolisian hingga kini masih siaga penuh, usai tadi siang terjadi bentrokan kedua belah pihak. Dikatakannya bentrokan tersebut melukai dua orang anggota Ormas Islam, akibat lemparan batu dari kelompok Jema’at Ahmadiyah.

Sementara itu Aang hamid Suganda Bupati Kuningan dilokasi kejadian menuturkan, dalam menyelesaikan masalah Jema’at Ahmadiyah perlu pemahaman yang teliti supaya bentrokan tidak terjadi lagi. Pihaknya berjanji akan datang ke Mentri Agama untuk meminta petunjuk.

“Selama ini Pemerintah Daerah menjadi beban berat dengan adanya permasalah tersebut,mestinya surat keputusan tiga mentri secepatnya dikeluarkan,”katanya.

ant/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya