SOLOPOS.COM - Foto detikcom

Foto detikcom

JAKARTA– Suku bunga kredit industri perbankan menunjukan penurunan. Demikian klaim Bank Indonesia (BI) dengan menyebutkan, suku bunga kredit perbankan rata-rata turun menjadi 12,59% di Maret 2012 atau turun 6 bps dari Februari 2012 yang sebesar 12,65%.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Demikian dikutip detikFinance dari laporan Kebijakan Moneter Bank Indonesia, Jumat (11/5/2012).

Adapun penurunannya ditopang oleh suku bunga kredit modal kerja (KMK) dan suku bunga kredit investasi (KI) yang masing-masing sebesar 10 dan 7 bps menjadi 12,01% dan 11,62%.

Penurunan suku bunga kredit yang lebih terbatas dibandingkan dengan suku bunga deposito menyebabkan selisih (spread) di antara kedua suku bunga mengalami sedikit peningkatan bila dibandingkan dengan selisih pada bulan sebelumnya.

Selisih yang masih relatif lebar tersebut masih memberikan ruang bagi penurunan suku bunga kredit lebih lanjut sejalan dengan efisiensi penyaluran dana perbankan serta perbaikan efisiensi operasional perbankan. Sementara kredit konsumsi juga turun dari 14,15% menjadi 14,13%.

Seiring dengan penurunan bunga kredit, rata-rata suku bunga deposito pada Maret 2012 tercatat sebesar 5,66%, mengalami penurunan sebesar 31 bps dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya