SOLOPOS.COM - Mantan pevoli putri, Aprilia Manganang (Instagram/@manganang92).

Solopos.com, JAKARTA -- Sidang perdata penetapan perubahan nama dan status jenis kelami Aprilia Manganang digelar Jumat (19/3/2021) ini secara virtual di PN Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara. Aprilia Manganang yang telah berpangkat sersan dua (serda) tampil berseragam prajurit pria.

Dia mengikuti sidang di Mabes TNI AD, Jalan Veteran, Gambir, Jakarta Pusat. Manganang hadir didamping Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Andika Perkasa, dan istri. Tak cuma itu, tampak pula perwakilan dari Mahkamah Agung.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

Penampilan Manganang berbaju dinas prajurit pria TNI AD menarik perhatian. Beberapa kali ia melempar senyum dan menyapa awak media. Manganang dan keluarga besarnya permohonan status jenis kelamin laki-laki dikabulkan.

Serda Aprilia Manganang sempat dikenal sebagai atlet bola voli wanita. Ia sebelumnya disebut mengidap hipospadia atau kelainan organ reproduksi ketika dilahirkan.

Baca juga: Momen Haru Saat Istri KSAD Memberi Nama Lanang kepada Serda Aprilia Manganang

Dengan bantuan KSAD, Manganang akhirnya menjalani corrective surgery untuk perubahan jenis kelamin dari perempuan menjadi pria. Operasi yang dilakukan di RSPAD Gatot Subroto itu berjalan lancar.

Kini, jenis kelamin Manganang telah resmi dinyatakan sebagai pria. TNI AD memastikan akan mengevaluasi dan memberikan tugas yang sesuai untuk pria bernama lengkap Aprilia Santini Manganang itu yang akan segera berganti.

Bukan Lanang

Dalam sidang itu, pihak yang diberi kuasa membacakan alasan-alasan dan permohonan kepada hakim mengenai pergantian nama dan status jenis kelamin. Dalam sidang, Manganang tidak mengajukan nama 'Lanang', namun mengajukan nama Aprilio Perkasa Manganang.

"Mengabulkan untuk mengganti yang semula yang berstatus jenis kelamin perempuan menjadi jenis laki-laki. Mengabulkan untuk mengganti nama dari semula Aprilia Santi Manganang menjadi Aprilio Perkasa Manganang," ujar perwakilan pemohon.

Baca juga: Dari Wanita, Alat Kelamin Warga Boyolali Ini Berubah Pria, Mirip Aprilia Manganang?

Sebelumnya, Manganang diberi nama 'Lanang'. Nama itu diberikan langsung oleh istri Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Hetty Andika Perkasa. Apa alasan Hetty memberikan nama Lanang untuk Manganang?

Hetty menjelaskan alasan ia memberikan nama Lanang untuk Manganang. Hesty mengatakan bahwa 'Lanang' dalam bahasa Jawa berarti lelaki. Dia berharap nama itu bisa menjadi doa agar Manganang menjadi lelaki sejati.

"Saya kasih namanya dengan doa. Jadi saya kasih nama Manganang, Lanang. Lanang itu lelaki, itu bahasa Jawa. Jadi saya berharap dengan nama Lanang ini Manganang jadi lelaki sejati," ujar Hetty di kanal YouTube TNI AD, Kamis (18/3/2021).

"Siap, Bu," jawab Manganang tegas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya