SOLOPOS.COM - Sejumlah Bhiksu memercikkan air suci ke arah umat saat detik-detik Waisak 2567 BE/2023 di kawasan candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (4/6/2023). (Antara/Anis Efizudin)

Solopos.com, SOLO — Pesona tempat wisata di Indonesia memang tidak diragukan lagi. Setiap provinsi di Indonesia memiliki berbagai destinasi wisata yang hampir tak pernah sepi pengunjung, baik dari dalam maupun luar negeri.

Dilansir dari mediakeuangan.kemenkeu.go.id yang diakses pada Selasa (11/7/2023), pariwisata merupakan salah satu sektor ekonomi yang penting di Indonesia. Pariwisata juga salah satu bidang penyumbang devisa utama bagi Indonesia.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Menurut kominfo.go.id, industri pariwisata di Indonesia pernah mampu menyumbangkan US$ 10 miliar devisa negara. Posisi pariwisata saat itu berada pada nomor 4 setelah minyak, batu bara, dan kelapa sawit dalam menjadi penyumbang devisa terbesar bagi negara.

Dikutip dari indonesia.go.id, pada 2022 peringkat pariwisata di Indonesia naik pesat dari urutan 44 ke urutan 32. Data peringkat itu dirilis oleh World Economic Forum pada Mei 2022. Hal ini menyebabkan Indonesia untuk pertama kalinya berada di atas Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Berikut data provinsi di Indonesia yang paling banyak dikunjungi wisatawan menurut Badan Pusat Statistik (BPS).

1. Jawa Timur

Provinsi Jawa Timur menduduki peringkat satu sebagai provinsi yang paling banyak dikunjungi wisatawan menurut BPS pada 2022. 

Dengan memiliki banyak kota wisata seperti Malang, Surabaya, Kediri, Madiun, Batu, dan masih banyak lagi membuat Jawa Timur memiliki 198.913.339 wisatawan yang mengunjungi.

2. Jawa Barat

Pada urutan kedua terdapat Provinsi Jawa Barat yang menjadi provinsi dengan wisatawan yang banyak berkunjung. 

Beberapa kota di Jawa Barat seperti Bogor, Bandung, Banjar, dan lainnya memang memiliki potensi wisata yang besar. Jawa Barat memiliki 128.667.116 wisatawan pada 2022.

3. Jawa Tengah

Provinsi Jawa Tengah merupakan provinsi dengan urutan ketiga yang menjadi provinsi dengan wisatawan yang banyak berkunjung. 

Kota Semarang, Surakarta, Kudus, Demak, Jepara, dan masih banyak lagi kota di Jawa Tengah yang memiliki banyak destinasi wisata. Jawa Tengah dikunjungi oleh 103.991.668 wisatawan pad 2022.

4. DKI Jakarta

DKI Jakarta berada diurutan keempat sebagai provinsi dengan wisatawan terbanyak. Sebagai ibu kota negara Indonesia, DKI Jakarta tentu memiliki banyak sekali pengunjung dari dalam maupun luar negara. Pada 2022, DKI Jakarta dikunjungi oleh 63.081.040 wisatawan.

5. Banten

Diurutan kelima ada Provinsi Banten yang menjadi salah satu provinsi dengan wisatawan terbanyak di Indonesia. Pada 2022 Banten memiliki 48.935.825 wisatawan yang berkunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya