SOLOPOS.COM - Petugas kebersihan menyapu jalan di Kawasan Jakabaring Sport City (JSC) yang dipenuhi asap di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (15/9/2023). Kabut asap tersebut merupakan dampak dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Selatan. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/YU

Solopos.com, JAKARTA — Bukan DKI Jakarta, kualitas udara terburuk dipegang Kota Palembang, Sumatra Selatan, Minggu 24/9/2023).

Berdasarkan data IQAir, tingkat polusi Kota Palembang berada di angka 177 pada pukul 8.30 WIB dan menempati peringkat ke-1 kota paling berpolusi di Indonesia.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Tingkat konsentrasi PM2.5 Palembang saat ini pada level 105,2µg/m³ atau setara dengan 21 kali dari nilai panduan kualitas udara tahunan World Health Organization (WHO).

Sementara itu, suhu di Palembang hari ini 27 derajat Celcius dengan tingkat kelembaban 69 persen, gerak angin 9,3 km/h, dan tekanan sebesar 1012 mbar.

Peringkat kualitas udara Palembang saat ini berada di posisi 1 terburuk di Indonesia.

Adapun peringkat ini diikuti oleh Tangerang Selatan dengan polusi udara berada di 168, dan Cileungsir 154.

Tidak hanya 3 kota tersebut saja yang saat ini memiliki kualitas udara buruk, antara lain Jambi dengan level polusi berada di 147, Jakarta berada di level 142, dan Serang berada di 134.

Keenam kota yang disebutkan tersebut pagi hari ini masuk dalam kategori berwarna merah, yang artinya kualitas udara di kota-kota tersebut tidak sehat untuk dihirup bagi masyarakat setempat, dan oranye yang artinya tidak sehat bagi kelompok sensitif.

Indikator warna lainnya adalah ungu merujuk pada kualitas udara sangat tidak sehat bagi bagi masyarakat.

Adapun hitam berbahaya, hijau baik, dan kuning sedang.

Seiring kualitas udara yang berada pada indikator merah, masyarakat dihimbau untuk menggunakan masker jika berada di luar ruangan, dan menghindari aktivitas di luar ruangan jika tidak memiliki kegiatan penting.

Warga yang berada di kota-kota tersebut juga diimbau menutup jendela untuk menghindari udara luar yang kotor, dan menyalakan penyaring udara di dalam ruangan.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Bukan Jakarta, Palembang Jadi Kota Paling Berpolusi di Indonesia Akhir Pekan Ini”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya