SOLOPOS.COM - Jokowi dan Syafii Maarif (Dok/JIBI/Solopos/Antara)

Budi Gunawan, tersangka KPK, masih belum diketahui nasibnya. Jokowi baru akan memutuskan calon kapolri pekan depan.

Solopos.com, JAKARTA — Pihak Istana Kepresidenan menyatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum memutuskan pengisian jabatan Kapolri. Presiden Jokowi baru akan memutuskan nasib Komjen Pol. Budi Gunawan pekan depan sepulang dari kunjungan kenegaraan tiga negara ASEAN.

Promosi BRI Perkuat Kolaborasi Strategis dengan Microsoft Dorong Inklusi Keuangan

Tentang pernyataan Ketua Tim 9 (tim independen), Syafii Maarif, yang menyebutkan Budi Gunawan batal dilantik, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto memberi klarifikasi. Dia mengakui Presiden Jokowi melakukan komunikasi pribadi dengan beberapa anggota tim 9, termasuk dengan mantan Ketua PP Muhammadiyah tersebut.

“Pembicaraannya pribadi antara Presiden dengan pak Syafii Maarif kemudian Pak Syafii Maarif yang mengungkapkan ke publik, termasuk hari ini di Jogja bahwa penangkapan [pemahaman] Pak Syafii Maarif bahwa pak Presiden tidak jadi melantik pak Budi Gunawan,” kata Andi Widjajanto di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (4/2/2015).

Dalam proses mengambil keputusan, Istana menyiapkan enam opsi berasal dari pertimbangan sejumlah pihak. Pertama Budi Gunawan Mundur, kedua melantik definitif, ketiga melantik lalu non aktif, keempat penundaan sampai ada status hukum tetap. Opsi kelima adalah membatalkan Budi Gunawan lalu mencalonkan nama baru dan opsi keenam adalah status quo sambil menunggu kalkulasi baru.

Andi Widjojanto menambahkan selain opsi itu, juga disiapkan kerangka legal formal yang dibutuhkan Presiden Jokowi untuk menjalankan salah satu dari keenam opsi itu. Presiden hanya tinggal memilih salah satu opsi tersebut lengkap dengan kalkulasi politiknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya