SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Bengawan Solo Travel Mart (BTM) 2013 dipastikan bakal membidik pasar wisatawan baru yaitu dari Brunei Darussalam.

Hal ini terlihat dari kepesertaan BTM 2013 yang diikuti buyer asal Brunei Darussalam. BTM 2013 bakal diselenggarakan di Hotel Sahid Jaya Solo, Jumat-Senin (26-29/4/2013). Hingga Kamis (18/4/2013), sudah ada 73 buyer yang konfirmasi menjadi peserta, baik asing maupun domestik.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

“Buyer asing berasal dari dua negara, yaitu Malaysia dan Brunei Darussalam,” kata Sekretaris Association of Indonesian Tour and Travel Agencies (Asita) Solo, Vera Christine, saat ditemui Solopos.com, di ruang kerjanya, Kamis. Pihaknya masih menunggu konfirmasi beberapa buyer hingga Senin (22/4/2013) pekan depan.

Sementara itu, dia menambahkan jumlah seller yang siap menjual potensi pariwisata Solo dan sekitarnya ada 45 seller. Mulai dari kalangan hotel, travel agent bahkan dari industri kerajinan dan potensi kuliner.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo, Widdie Srihanto, menyampaikan masuknya Brunei Darussalam dalam kepesertaan buyer di BTM 2013 ini bisa menjadi acuan untuk menentukan target promosi selanjutnya.

“Tapi, kami akan selesaikan dengan dulu kerja sama pariwisata dengan Malaysia, yang sudah kami bangun dengan Visit Indonesia Tourism Office (Vito), sampai ada repeat order ke Solo,” kata Widdie, pada kesempatan yang sama.

Seperti diketahui, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo saat ini tengah fokus membidik wisatawan asing asal Malaysia dan Singapura. Keduanya termasuk pasar tradisional untuk Solo. Bahkan, Australia juga merupakan pasar tradisional pariwisata untuk Solo.

Widdie menyampaikan sejauh ini wisatawan asal Brunei yang datang ke Solo masih sangat minim, bahkan nyaris belum ada. Melalui BTM 2013, maka akan diketahui karakter wisatawan dari Brunei. Dia menegaskan, karakter wisatawan setiap negara akan berbeda-beda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya