SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarang–Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Prof Mungin Eddy Wibowo menyatakan pengadaan soal ujian nasional (UN) 2010 batal ditangani perguruan tinggi (PT).

“Prosedur Operasional Standar (POS) UN 2010 memang menyebutkan bahwa pengadaan naskah soal UN dilakukan oleh perguruan tinggi yang dianggap mampu dan ‘kredible’,” katanya di Semarang, Senin (11/1).

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Namun, kata dia, ternyata tidak ada perguruan tinggi yang sanggup dan berani menangani proses pengadaan soal UN sehingga pengadaan soal UN dilakukan sama seperti tahun lalu.

Ia mengatakan, pengadaan soal UN tahun lalu ditangani oleh Dinas Pendidikan provinsi, selaku panitia penyelenggara UN tingkat provinsi dan untuk tahun ini juga berlangsung seperti itu.

“Sampai saat ini, PT menyatakan hanya sanggup untuk melakukan proses ‘scanning’ (pemindaian, red.) lembar jawab UN untuk tingkat SMA dan MA,” kata Mungin yang juga mantan Ketua BSNP tersebut.

Selain itu, Ketua Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indoensia (ABKIN) itu mengatakan, PT tetap melakukan pengawasan terhadap proses penyelenggaraan UN dengan membentuk tim pengawas independen (TPI).

“Namun, penggandaan soal UN oleh panitia penyelenggara UN tingkat provinsi itu dilakukan dalam dua opsi, yakni penunjukan langsung dan lelang terbuka,” katanya.

Proses lelang terbuka untuk mekanisme penggandaan soal UN dilakukan untuk tingkat SD dan SMP, lanjutnya, sedangkan untuk tingkat SMA kemungkinan dilakukan melalui mekanisme penunjukan langsung oleh BSNP.

“Kami akan melakukan inventarisasi terhadap perusahaan percetakan di daerah yang sesuai dengan kualifikasi, dan mana (perusahaan percetakan, red.) yang sesuai dengan kriteria akan dipilih,” katanya.

Mungin mengatakan, BSNP saat ini tengah melakukan proses penyusunan soal, dan diperkirakan pada akhir Januari 2010 sudah selesai untuk diujicobakan pada sekolah di berbagai tingkatan.

ant/fid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya