SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang 2009 tercatat sebesar 4,5% (yoy). Sementara pertumbuhan ekonomi di triwulan IV-2009 tercatat 5,4%.

“Ini berita gembira ini karena relatif tinggi,” ujar Deputi Neraca dan Bidang Analisis Statistik Slamet Sutomo di kantornya, Jakarta, Rabu (10/2).

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Menurutnya, salah satu faktor pendukung pertumbuhan tersebut terkait adanya perbaikan ekonomi dunia. Ia mengatakan, pertumbuhan ekonomi didorong oleh pertumbuhan sektor pengangkutan dan komunikasi sebanyak 15,5%.

Sedangkan pertumbuhan terendah dipegang sektor perdagangan, hotel dan restoran yang hanya sebesar 1,1%. Sementara itu, PDB tanpa migas di akhir tahun 2009 mencapai 4,9%.

Ia mengatakan, kisaran PDB RI atas dasar harga berlaku di 2009 mencapai Rp 5.613,4 triliun sedangkan atas dasar harga konstan mencapai Rp 2.177 triliun.

Slamet mengatakan sepanjang 2009 pertumbuhan konsumsi pemerintah 15,7%, konsumsi rumah tangga 4,9%, dan investasi 3,3%. Sementara ekspor mengalami pertumbuhan minus 9,7% dan impor minus 15%.

dtc/isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya