SOLOPOS.COM - ilustrasi

 

JOGJA-Badan Pusat Statistik (BPS) bakal menggelar sensus pertanian, Mei mendatang. Kegiatan yang dilaksanakan kali kelima ini digunakan sebagai bahan perencanaan, implementasi kebijakan dan evaluasi program pembangunan pertanian.

Kepala Badan Pusat Statistik DIY Wien Kusdiatmono berharap sensus kali ini data pokok meliputi skala usaha dan input usaha pertanian, peternakan, dan kehutanan bisa dicapai. Adapun tema sensus kali ini adalah ‘Menyediakan informasi untuk masa depan petani.

Menurut Wien, pelaksanaan sensus dilakukan secara bertahap dengan mempertimbangkan luasan dan keragaman cakupan data. Dijadwalkan Mei 2013, proses pencacahan lengkap usaha pertanian bisa dilanjutkan.

Sementara  survei pendapatan rumah tangga pertanian, masih kata Wien, dilaksanakan November. Sedangkan Oktober 2014,  digunakan untuk survei struktur ongkos komoditas pertanian strategis dalam setiap subsektor.

Adapun jumlah petugas sensus di DIY mencapai 4.700 orang. Dari jumlah itu, 624 di Kabupaten Kulonprogo, 1.429 di Kabupaten Bantul, 996 di Kabupaten Gunungkidul, 1.564 di Kabupaten Sleman dan 88 orang di Kota Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya