SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta (Solopos.com)–Sebanyak 26 Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang tersebar di berbagai provinsi di seluruh Indonesia akan segera menjadi bank pelaksana Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Saat ini sudah 13 BPD yang menjadi pelaksana KUR dan kami targetkan mulai Mei 2011, 13 BPD yang lain akan menyusul,” kata Deputi Bidang Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, Choirul Djamhari, di Jakarta, Rabu (27/4/2011).

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Choirul yang juga anggota Komite Kebijakan KUR itu mengemukakan, 13 BPD yang sampai saat ini belum menjadi pelaksana KUR telah menyatakan siap untuk bergabung dengan 13 BPD lain yang telah lebih dahulu menjadi penyalur program KUR.

Namun, untuk menjadi pelaksana KUR, bank-bank tersebut harus menempuh beberapa tahap sebelum secara resmi ditetapkan menjadi bank pelaksana program KUR.

“Setidaknya ada tiga prasyarat yang harus mereka penuhi untuk menjadi pelaksana KUR,” ujarnya.

BPD tersebut harus mengirimkan laporan dan company profile, memiliki bukti kecukupan modal dan sehat Loan to Deposit Ratio (LDR) dan memiliki rencana bisnis yang jelas terutama mempunyai kemampuan untuk menarik dana dari pihak ketiga.

Selanjutnya keseluruhan dokumen itu akan dievaluasi oleh tiga pihak yakni Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda), Komite Kebijakan KUR dan Bank Indonesia (BI).

Asbanda akan mengevaluasi kinerja BPD yang bersangkutan termasuk dalam rangka upaya pencapaian program BPD sebagai regional champion.

BI bakal menilai potensi sustainable suatu bank untuk meminjamkan dana-dana untuk kepentingan jangka pendek.

“Sedangkan Komite Kebijakan KUR baru bisa memutuskan jika sudah ada acc (persetujuan) dari BI,” lanjutnya.

Pihaknya memproyeksikan pada Mei 2011, seluruh BPD di Indonesia sudah mulai menyalurkan KUR.

Saat ini beberapa hal sedang masih dalam tahap pembahasan termasuk target penyaluran.

“Kami usulkan tahun ini mereka bisa menyalurkan KUR Rp3,5 triliun,” imbuhnya.

Choirul berharap dengan semakin banyaknya bank pelaksana KUR khususnya di daerah-daerah maka penyaluran KUR bisa semakin meluas dan merata hingga pelosok nusantara.

(Antara/nad)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya