SOLOPOS.COM - Ilustrasi (google/pastibos.com)

Ilustrasi (google/pastibos.com)

SOLO–Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) triwulan pertama tahun ini diperkirakan cair pada pekan ketiga Januari 2013.

Promosi Siasat BRI Hadapi Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik Global

Saat ini proses pencairan sedang dalam tahap pengesahan oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Indonesia.

Kepala bidang Pendidikan Dasar SD dan Anak Usia Dini (AUD) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo, Supraptiningsih, memaparkan pencairan BOS harus diawali dengan pengesahan data BOS oleh Menkeu, hal itu berdasarkan pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK). Sementara itu penandatangan nota kesepahaman BOS triwulan pertama telah dilakukan awal tahun ini.

“Tinggal menunggu dari Menkeu,” jelasnya kepada wartawan akhir pekan kemarin.

Prapti menjelaskan dana yang akan diterima Kota Solo pada triwulan pertama 2013 sama dengan dana yang diterima pada triwulan keempat 2012, yaitu sekitar Rp15,2 miliar. Jumlah itu diperuntukkan bagi 65.806 siswa SD dan 32.425 siswa SMP di Solo.

“Karena jumlah siswanya sama, kalaupun ada perubahan hanya satu dua siswa,” imbuhnya.

Dengan dana BOS itu, tiap siswa mendapatkan bantuan senilai Rp580.000 per tahun untuk siswa SD, dan Rp710.000 per tahun untuk siswa SMP. Sedangkan proses pencairan dilakukan langsung melalui rekening sekolah.

Sementara itu dana BOS digunakan untuk membantu biaya kegiatan operasional sekolah, antara lain pembelian atau penggandaan buku teks pelajaran, kegiatan penerimaan siswa baru, dan kegiatan ekstrakurikuler.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya