SOLOPOS.COM - Salah satu pelaku penembakan saat aksi teror di Jalan MH Thamrin, kawasan Sarinah, Jakarta, Kamis (14/1/2016). Sejumlah teroris melakukan penyerangan terhadap beberapa gedung dan pos polisi di kawasan tersebut yang mengakibatkan sejumlah korban tewas dan luka-luka. (JIBI/Solopos/Antara/Xinhua/Veri Sanovri)

Bom Sarinah Thamrin masih menyimpan misteri terkait sejumlah orang yang terekam kamera.

Solopos.com, SOLO – Tragedi penyerangan di Sarinah, Jl. M.H. Thamrin, Jakarta, Kamis (14/1/2016), masih menyimpan beberapa misteri. Sejumlah orang yang terlibat aksi baku tembak mulai dipertanyakan identitasnya.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Nama pertama yang sempat menjadi misteri adalah pelaku penembakan bertopi dan berkaos hitam. Gambarnya diambil dengan jelas oleh seorang fotografer Xinhua.

Belakangan diketahui, pria yang memakai sepatu merek Adidas itu adalah Afif alias Sunakim. Dia telah tewas ditembak polisi, sementara foto-fotonya dalam keadaan meninggal tiba-tiba tersebar luas melalui jejaring sosial.

Selain Afif, pria lain yang identitasnya dipertanyakan adalah pria berbaju biru muda. Dilansir Detik, Sabtu (16/1/2016), ada satu gambar yang diambil oleh saksi mata dan petugas yang memperlihatkan wajahnya cukup jelas.

Foto tersebut menunjukkan pria berbaju biru muda dan berompi hitam itu tergeletak dengan tangan telentang. Wajahnya yang berkumis itu tampak berlumuran darah. Celana jeans biru tua yang dikenakannya robek hingga paha. Kedua sepatunya terlepas.

Dia tewas setelah bom yang berada di dekatnya meledak. Saat itu, dia sudah tergolek lemas karena peluru polisi. Saat sedang memegang senjata dan mengisi peluru, tiba-tiba bom yang dibawanya meledak. Afif, yang berada di sampingnya juga tewas karena ledakan.

Posisi akhir mereka saat ditemukan nyaris berdempetan. Kaki pria berbaju biru muda menempel di tangan Afif. Sementara di atasnya, atau trotoar, tergeletak seorang WNA diduga korban tewas asal Kanada.

Siapa pria berbaju biru muda tersebut? Belum jelas benar. Polisi masih menyimpan rapat-rapat nama dan wajah pelaku. Namun sejauh ini, yang baru terkonfirmasi wajah dan identitasnya adalah Afif dan Sugito.

Pria Berbaju Kuning dan Putih

Lelaki misterius lain yakni yang berbaju kuning di tengah jalan saat aksi penembakan terjadi. Dia merekam kejadian saat seorang polisi ditembak di antara motor-motor yang terparkir di tengah jalan dari seseorang yang turun dari dalam mobil.

Pria itu dengan santai memotret kejadian bom. Dalam foto yang dirilis media online nasional, pria itu bahkan dengan santai memotret aksi baku tembak yang terjadi antara pelaku teror, Afif, dengan polisi.

Sampai kini belum diketahui identitas lelaki misterius berbaju kuning tersebut. Begitu pula siapa yang bertanggung jawab atas aksi teror di pusat Jakarta itu.

Selain pria misterius ini, pria berbaju putih yang terekam kamera melakukan baku tembak di kejadian sempat dikira teroris. Pria dengan pakaian perlente itu terlihat dalam video amatir yang diunggah di media sosial.

AKBP Untung Sangaji adalah polisi heroik berbaju putih yang menembaki pelaku pemboman di Menara Cakrawala, Thamrin. Anggota kepolisian itu memang berada di lokasi kejadian saat itu.

Saat itu Untung bersama rekannya langsung menghampiri sumber ledakan dan menemukan 3 korban tergeletak di lantai pos polisi. Dalam pantauannya, Untung melihat beberapa paku mengenai tiang dan melukai tubuh polisi yang berjaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya