SOLOPOS.COM - Ketua KPK nonaktif Firli Bahuri berjalan keluar usai menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri, Jakarta, Rabu (27/12/2023). (Antara/Asprilla Dwi Adha)

Solopos.com, JAKARTA – Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memilih sosok pengganti Firli Bahuri dari nama calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang tak terpilih dalam fit and proper test DPR pada 2019. 

Dia mengatakan bahwa belum lama ini Kepala Negara telah menandatangani surat pemberhentian Firli sebagai Pimpinan sekaligus Ketua KPK periode 2019-2024 sejak Kamis (28/12/2023), imbas putusan Dewan Pengawas (Dewas) KPK yang menjatuhkan sanksi berat terhadap Firli. 

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Penyebabnya, Ari menjelaskan bahwa Firli terbukti melanggar etik karena bertemu dan berkomunikasi dengan dengan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo yang kasusnya sedang ditangani oleh KPK. 

“Calon pimpinan KPK pengganti diambil dari nama-nama calon pimpinan KPK yang  telah di fit and proper di  DPR pada 2019, tetapi mereka tidak terpilih dan masih memenuhi syarat,” ujarnya kepada wartawan, Minggu (31/12/2023), dilansir Bisnis.com.

Sementara untuk posisi ketua KPK nanti, kata Ari saat ini Presiden Ke-7 RI masih mengikuti proses dan mekanisme yang diatur dalam UU KPK dengan mengirim usulan calon Pimpinan KPK pengganti ke DPR.

“Usulan calon pengganti pimpinan KPK masih dalam proses. Presiden akan mengikuti mekanisme yg diatur dalam UU KPK dengan mengirim usulan calon Pimpinan KPK pengganti ke DPR,” pungkas Ari.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Istana Bocorkan Pengganti Firli Bahuri: Capim KPK Tak Terpilih di 2019”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya