SOLOPOS.COM - Sejumlah warga dari berbagai komunitas perempuan berkebaya menari saat mengikuti kegiatan pelestarian budaya bertajuk 1.000 Remaja Berkebaya di Kawasan Cagar Budaya Nasional Kota Lama Semarang, Jawa Tengah, Minggu (25/9/2022). Kegiatan dalam rangkaian Festival Kota Lama Semarang 2022 tersebut sebagai upaya Pemkot Semarang mengampanyekan pelestarian kebaya yang akan didaftarkan ke UNESCO sebagai warisan budaya tak benda. ANTARA FOTO/Aji Styawan/tom.

Solopos.com, JAKARTA — Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melibatkan 20.000 perempuan berkebaya dari berbagai organisasi demi menangkal terorisme di Tanah Air.

Dua puluh ribu perempuan berkebaya itu bakal mengikuti Parade Budaya Nusantara pada 6 November 2022 yang digelar BNPT.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

“Pesertanya 20.000 perempuan berkebaya dari berbagai organisasi wanita di Indonesia,” kata Kepala BNPT, Komjen Polisi Boy Rafli Amar melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (26/10/2022).

Boy mengatakan budaya bangsa adalah vaksin yang efektif untuk mencegah berkembangnya virus intoleransi, radikalisme, dan terorisme.

Baca Juga: 2.500 Perempuan Berkebaya Bersama Ibu Negara di Solo Pecahkan Rekor Muri

Pasalnya, dalam budaya bangsa terkandung nilai-nilai penghormatan terhadap keragaman antarsuku bangsa di Indonesia.

Menurut dia, kebaya adalah identitas budaya nasional. Dengan diangkat atau diusung, maka harapannya kebaya kembali berkembang menjadi ciri khas busana Indonesia.

“Ini untuk membangun dari sisi aspek budaya bangsa. Jika kecintaan pada budaya sendiri terus tumbuh maka ini menjadi cara yang efektif dalam mengeliminasi budaya transnasional,” tegas Boy Rafli, seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Baca Juga: Ribuan Perempuan Ikuti Parade Berkebaya Bersama Ibu Negara di Solo

Organisasi perempuan yang berkolaborasi dengan BNPT dalam Parade Budaya Nusantara antara lain Perempuan Indonesia Maju, Perempuan Berkebaya Indonesia, Pecinta Sanggul Nusantara, Yayasan Citra Kartini Indonesia, Warisan Budaya Indonesia, Fatayat NU, FSKN, dan NKRI Berkebaya.

“BNPT berkolaborasi dengan semua pihak untuk penanggulangan terorisme, termasuk kali ini dengan organisasi wanita di bidang budaya,” katanya.

Dalam Parade Budaya Nusantara sebanyak 20.000 kaum ibu akan melakukan parade kebaya dengan titik kumpul di Sarinah, Jakarta pada 6 November 2022.

Baca Juga: Kisah Para Perempuan yang Setia Pakai Kebaya untuk Aktivitas Harian di Solo

Mereka akan bergerak ke Patung Kuda di Monas dengan mengenakan aneka kebaya dari berbagai daerah.

Mantan Kapolda Papua tersebut berharap penguatan budaya terhadap kebaya tidak berhenti pada Parade Budaya Nasional.

Pemerintah diharapkan mengakui Hari Kebaya Nasional.

Baca Juga: Tampil Anggun, Puluhan Perempuan Ikuti Parade Gaya Berkebaya di Surabaya

“Kebaya diharapkan ditetapkan sebagai busana resmi dari Indonesia oleh UNESCO,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya