SOLOPOS.COM - Ilustrasi tes urine. (JIBI/Harian Jogja/Gigih M Hanafi)

Harianjogja.com, SLEMAN – Badan Narkotika Nasional Propinsi (BNNP) DIY menggelar tes urine bagi puluhan pilot pesawat komersial di Bandara Internasional, Adisutjipto, Selasa (5/8/2014) pagi. Satu pilot dinyatakan positif mengonsumsi benzo.

Kasi Intel, Bidang Pemberantasan, BNNP DIY, Siti Alfiah menjelaskan tes urine bagi pilot dilaksanakan tidak saja di luar pesawat, tetapi juga di dalam pesawat terutama bagi pilot yang tidak sempat turun dari pesawat.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Tes itu dilakukan untuk menyelamatkan penumpang. Jika ditemukan adanya pilot yang mengonsumsi narkoba maka direkomendasikan untuk istirahat dan tidak melanjutkan perjalanan.

“Karena dampaknya besar, kalau sampai pilot mengonsumsi narkoba, tentu dia tidak bisa menjalankan tugasnya dengan baik,” terangnya, Selasa (5/8/2014).

Ia menambahkan dari hasil pemeriksaan tes urine pada 27 pilot. Sebanyak 26 orang dinyatakan negatif dan satu di antara mereka, yakni co-pilot dinyatakan positif karena mengonsumsi benzo melalui resep dokter. Selanjutnya co-pilot itu disarankan untuk istirahat dan tidak boleh melanjutkan perjalanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya