SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Cilacap–Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap mengimbau para pemudik sepeda motor yang bakal melintas di jalur selatan Jawa Tengah agar mewaspadai kemungkinan turunnya hujan lokal.

“Saat arus mudik mendatang, diperkirakan hujan dengan intensitas ringan bakal mengguyur Jateng bagian selatan, yakni sepanjang ruas jalan dari Cilacap hingga Yogyakarta,” kata Prakirawan Cuaca Stasiun Meteorologi BMKG Cilacap Teguh Wardoyo, di Cilacap, Jumat (11/9).

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Menurut dia, hujan ringan yang bersifat lokal tersebut berpeluang terjadi pada sore hingga pagi hari

Ia mengatakan, suhu udara di wilayah Jateng bagian selatan saat arus mudik mendatang diprakirakan berkisar antara 30 derajat dan 32 derajat celcius.

Menurut dia, kondisi tersebut berbeda dengan suhu udara di pantai utara yang mencapai 32 derajat celcius.

“Saat arus mudik mendatang, suhu udara di wilayah pantura diprakirakan lebih panas dibanding jalur selatan,” katanya.

Sementara untuk kecepatan angin, dia mengatakan, diprakirakan berkisar 5-30 kilometer per jam yang bertiup dari timur hingga tenggara.

“Terkait kondisi tersebut, kami mengimbau para pemudik yang akan melintas di jalur selatan agar waspada terhadap hujan yang dapat memjadikan jalanan licin,” katanya.

Sementara itu, untuk daerah rawan kecelakaan di sebagian Jawa Tengah, tersebar pada ruas Buntu-Tambak, Ajibarang-Cilongok, Wangon-Lumbir, Ajibarang-Pekuncen, Kaliori-Buntu, dan Jalan Soepardjo Rustam (Sokaraja).

Pemudik diimbau  menggunakan jalur alternatif jika menemukan kemacetan pada jalur utama.

Dalam hal ini, pemudik yang datang dari arah Jakarta/Brebes menuju Purwokerto dapat melalui jalur simpang tiga selatan batas wilayah Brebes dan Banyumas-Kranjan-Pekuncen-Pasiraman-Karangklesem-Candinegara-Cikembulan-Kalisari-pertigaan Losari (Cilongok)-Purwokerto.

Jalur tersebut juga dapat dilalui dari pertigaan pangkalan ojek Legok-Jatisari menuju Pekuncen atau dari pertigaan selatan Polsek Pekuncen-Parakan Sinjang-Banjar Anyar menuju Pasiraman.

Jalur alternatif dari Purwokerto menuju Yogyakarta/Cilacap dapat melalui simpang empat Tanjung-simpang Pasar Patikraja-Kebasen-Sampang-Cilacap/Yogyakarta.

Jalur Purwokerto-Yogyakarta juga dapat melalui simpang empat Tanjung-simpang Pasar Patikraja-Pegalongan-Kaliori-Banyumas-Yogyakarta.

Selain itu, pemudik tujuan Yogyakarta dapat mengambil jalur dari persimpangan eks-Kawedanan Banyumas-Kedunguter-Danaraja-simpang empat Sokawera-Tanggeran-Klinting-Kemawi-Karang Gintung-persimpangan Pasar Wijahan-Yogyakarta.

ant/fid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya