SOLOPOS.COM - Gubernur DKI Jakarta, Jokowi (Rahmatullah/JIBI/Bisnis)

Gubernur DKI Jakarta, Jokowi (Rahmatullah/JIBI/Bisnis)

Gubernur DKI Jakarta, Jokowi (Rahmatullah/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) tetap akan blusukan, meski anggaran untuk itu dikritik oleh beberapa pihak. Jokowi menyebut dana operasional untuk blusukan tak langsung habis.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Forum Indonesia Transparansi Anggaran (FITRA) merilis anggaran blusukan Jokowi di tahun 2013 mencapai Rp 26,6 miliar.  Jika dibagi per hari, maka anggaran blusukan Jokowi-Ahok mencapai Rp74 juta, sehingga masing-masing mendapat alokasi anggaran Rp37 juta. Anggaran tersebut pun dituding sebagai bentuk pemborosan.

Menjawab tudingan itu, Jokowi mengatakan anggaran blusukan lebih banyak digunakan untuk program-program sosial.

Jokowi mengakui memang ada dana operasional yang dianggarkan untuk Gubernur dan Wakil Gubernur DKI. Namun dana operasional itu tak sepenuhnya digunakan untuk memfasilitasi kegiatan blusukan.

“Dana operasional itu memang ada, tapi nggak langsung habis, separuhnya aja nggak habis,” kata Jokowi usai menyapa warga di sekitar rumah dinasnya di Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (21/7/2013) sebagaimana dikutip laman Detik.

Jokowi mengakui jumlah dana operasional itu mencapai Rp 34 juta per hari. “Ya itu memang benar, tapi saya nggak pernah pegang uangnya. Ya dana-dana itu untuk dana sosial, kalau ada gesekan warga, kebakaran,” paparnya.

Sementara untuk pembagian buku saat blusukan menggunakan dana dari CSR.

Menurut dia, blusukan perlu dilakukan untuk mengontrol program kerja yang sudah dilakukan. Jika tidak dilakukan blusukan, maka bisa jadi pengerjaan suatu program tak sesuai dengan yang dilaporkan oleh anak buah.

“Blusukan fungsinya sebagai manajemen kontrol pengawasan, nggak ada yang lain. Kalau nggak ada manajemen kontrol terus gimana?” ujar pria 52 tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya