SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

ilustrasi

SOLO–Kota Solo masih tertinggal dalam perkembangan bisnis franchise atau waralaba. Tak lebih dari 10 usaha yang telah merambah bisnis waralaba.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

“Kalah jauh dengan kota tetangga Jogja. Penyebabnya bisa kreativitas yang kurang dan ini masih perlu ditingkatkan,” kata Gus Minging, anggota bidang waralaba Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Solo di Balaikota Solo, Rabu (5/6/2013).

Padahal, waralaba jadi salah satu kunci kesuksesan dalam berwiraswasta. Dengan sistem ini, kata owner Nakamura, pemilik merek dapat melipatgandakan keuntungan dengan bekerja bersama mitra. Solo miliki potensi sumber daya manusia yang tak kalah dengan kota lain, salah satu potensinya yakni sdm pada mahasiswa di Solo.

“Maka saya di bidang waralaba HIPMI Solo terus memberi arahan agar anak muda di Solo untuk merambah bisnis waralaba.”

Perkembangan bisnis waralaba di seluruh Indonesia mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Bahkan meningkat signifikan pada lima tahun terakhir.

Permendag No.31/2008 tentang Waralaba tentang mencantumkan sejumlah kriteria utama sebuah perusahaan waralaba.

Pertama, memiliki ciri khas usaha seperti merk, bahan baku, cara penyajian. Kedua, perusahaan harus membukukan keuntungan selama minimal dua tahun.

Berikutnya, waralaba wajib memiliki standar operasi pelayanan (SOP) atas barang dan jasa yang ditawarkan. Serta SOP tersebut mudah diajarkan dan diaplikasikan.

Selanjutnya, perusahaan waralaba harus memperlihatkan adanya kesinambungan usaha. Terakhir, perusahaan waralaba memenuhi jaminan hak kekayaan intelektual (HAKI).

Simak berita menarik lainnya : http://digital.solopos.com/file/05062013/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya