SOLOPOS.COM - Kondisi Lion Air yang jatuh di Bali. Foto beredar di Blackberry Massenger, Sabtu (13/4/2013).

Bisnis penerbangan Indonesia dinodai dengan penilaian sembilan maskapai yang masuk dalam daftar maskapai dengan keselamatan penumpang terburuk dunia.

Solopos.com, SOLO – Industri penerbangan Indonesia awal tahun ini harus menerima kenyataan pahit. Survei tahunan versi AirlineRatings.com mengungkapkan sembilan maskapai penerbangan Indonesia masuk dalam daftar catatan keselamatan penumpang terburuk di dunia.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

AirlineRatings.com memberi penilaian berdasarkan data dari pemerintah, perusahaan, serta catatan kecelakaan pesawat yang berujung pada kematian penumpang.

Website yang ini mensurvei 407 maskapai penerbangan dari seluruh dunia. Mereka pemberikan penilaian hingga tujuh bintang. Semakin banyak bintang yang diperoleh semakin bagus pula penerbangan tersebut.

Dari 407 maskapai, ada setidaknya 148 maskapai yang mendapat penilaian bagus. Sementara hampir 50 maskapai memiliki hanya tiga bintang atau bahkan kurang.

Dilansir The Independent, Selasa (5/7/2015), berikut 10 maskapai dengan nilai terendah dengan 9 di antaranya berasal dari Indonesia:
1. Batik Air
2. Bluewing Airlines
3. Citilink Aviation
4. Kal-Star
5. Lion Air
6. Sriwijaya Air
7. TransNusa
8. Trigana Air Service
9. Wings Air
10. Xpress Air

Dari 10 maskapai yang paling tidak aman di dunia, hanya Bluewing Airlines yang tidak berasal dari Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya