SOLOPOS.COM - Ilustrasi cari beasiswa kuliah luar negeri (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA–Sejumlah lembaga menyediakan beasiswa kuliah di dalam dan luar negeri untuk masyarakat Indonesia. Mahasiswa yang mendapatkannya bisa menjalani kuliah secara gratis.

Saat ini, banyak lembaga pemberi beasiswa yang membantu masyarakat yang ingin melanjutkan studi, baik di dalam maupun luar negeri. Tujuannya meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat Indonesia.

Promosi Harga Saham Masih Undervalued, BRI Lakukan Buyback

Informasi beasiswa luar negeri dan dalam negeri sebagai berikut:

1. LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)

LPDP merupakan lembaga yang mengelola dana abadi pendidikan yang membuka program beasiswa secara rutin di bawah naungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Beasiswa dari LPDP menjadi salah satu lembaga beasiswa yang cukup banyak diminati oleh para mahasiswa Indonesia.

Program beasiswa LPDP tidak hanya untuk pelajar yang ingin melanjutkan studi di luar negeri. LPDP juga dapat memfasilitasi bagi yang ingin melanjutkan studi di dalam negeri.

Pendaftaran seleksi beasiswa LPDP dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama sudah berakhir pada 25 Februari lalu.

Pendaftaran seleksi beasiswa LPDP tahap kedua akan dibuka kembali pada 9 Juni 2023 dan akan ditutup pada 9 Juli 2023.

Pantau terus informasi selanjutnya pada laman resmi https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/

 

2. Beasiswa Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika)

Beasiswa Kominfo akan kembali membuka pendaftaran beasiswa S2 bagi mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan baik di dalam maupun luar negeri.

Pendaftaran beasiswa Kominfo dibuka mulai dari 22 Februari- 25 Maret 2023.

 

3. Beasiswa GenBI (Generasi Baru Indonesia)

GenBI merupakan komunitas yang terdiri atas mahasiswa dan mahasiswi penerima beasiswa Bank Indonesia (BI) yang berada di bawah naungan BI.

GenBI membuka pendaftaran beasiswa pada 21 Februari-13 Maret 2023. Info lanjut dapat mengunjungi situs https://www.generasibaruindonesia.com/

 

4. Beasiswa Chevening

Chevening adalah program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Inggris dengan menawarkan kesempatan bagi generasi muda di seluruh dunia untuk melanjutkan studi di Inggris.

Pendaftaran beasisa 2024/2025 akan dibuka pada Agustus 2023. Untuk info lanjutan dapat dilihat pada laman https://www.chevening.org/

 

5. Australia Award Scholarship



Australia Award Scholarship merupakan program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Australia untuk warga Indonesia yang ingin melanjutkan studi di Australia.

Untuk pendaftaran akan berakhir pada 1 Mei 2023 dan untuk informasi selanjutnya dapat dilihat pada laman https://www.australiaawardsindonesia.org/

 

6. StuNed (Studeren in Nederland)

StuNed merupakan program beasiswa bilateral antara pemerintah Belanda dan Indonesia yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia. Untuk informasi terkait pendaftaran dan lainnya dapat dilihat melalui laman https://www.studyinnl.org/neso-indonesia.

Bagi yang ingin mencoba beasiswa di atas, jangan lupa mempersiapkan diri, administrasi agar dapat berkompetisi dan memenangkan beasiswa.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Ini Beasiswa 2023 Kominfo, Chevening, dan Bank Indonesia

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya