SOLOPOS.COM - Ilustrasi wirausaha muda. (Freepik.com)

Solopos.com, Jakarta – Program Wirausaha Merdeka 2023 yang diluncurkan Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) diharapkan juga bisa menjadi solusi mahasiswa yang berwirausaha agar tidak di-DO atau dikeluarkan dari kampus.

Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek, Nizam, mengatakan program tersebut bisa menjadi solusi mengingat adanya kemungkinan DO (drop out) yang umumnya terjadi kepada mahasiswa yang berwirausaha.

Promosi BRI Kembali Gelar Program Pemberdayaan Desa Melalui Program Desa BRILiaN 2024

“Jika usahanya sukses, maka umumnya mahasiswa akan DO karena kuliahnya tertinggal. Namun jika kuliahnya lancar, usahanya akan terbengkalai,” ujarnya pada acara Peluncuran Program Wirausaha Merdeka 2023 yang diikuti secara daring di Jakarta, Senin (19/6/2023), seperti dilansir Antara.

Menurut Nizam, biasanya yang terjadi di kalangan mahasiswa adalah sukses berwirausaha namun harus DO dari perkuliahan dan gagal berwirausaha karena fokus kuliah. Namun dengan Program Wirausaha Merdeka, hal tersebut tidak boleh terjadi lagi.

Mahasiswa yang punya semangat berwirausaha akan dibimbing oleh para mentor, sehingga mereka bisa menata diri menjadi wirausahawan yang sukses. Dalam program Wirausaha Merdeka, kata Nizam, mahasiswa tidak hanya belajar soal teori, tapi juga akan dipersiapkan melalui berbagai program inkubasi bersama mitra usaha dengan kegiatan praktis sebagai bekal pengalaman dalam berwirausaha.

Mahasiswa yang mengikuti program ini akan mendapatkan angka kredit sebesar 20 SKS sehingga peserta tidak perlu khawatir soal pendidikannya.

“Saya berharap pimpinan perguruan tinggi, dekan, kaprodi, serta para dosen dapat mendorong mahasiswanya untuk mengikuti program ini,” tuturnya.

Lebih lanjut, Nizam menjelaskan Pemerintah melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 2 Tahun 2022 punya target pada 2024 akan tercipta satu juta wirausahawan baru. Wirausaha Merdeka merupakan salah satu upaya Kemendikbudristek untuk mendukung penuh terciptanya wirausaha mahasiswa di Indonesia.

Program Wirausaha Merdeka memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri menjadi calon wirausahawan melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Wirausaha Merdeka berkolaborasi dengan Perguruan Tinggi Pelaksana Program mengembangkan pembelajaran wirausaha yang mampu mengasah jiwa kewirausahaan, mendorong peningkatan pengalaman wirausaha, dan peningkatan kemampuan daya kerja mahasiswa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya