SOLOPOS.COM - Tim pemadam kebakaran Sukabumi, Jawa Barat menarik keluar anggota Exalos Indonesia, Muhammad Nurdin yang kakinya terlilit ular sanca, dari dalam sumur tua di Kampung Babakan Pari, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin (3/7/2023) lalu. (Istimewa/Exalos Indonesia)

Solopos.com, SUKABUMI — Seekor ular sanca kembang berukuran panjang empat meter membuat panik karena tercebur ke sumur milik salah satu warga Kampung Babakan Pari, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin (3/7/2023) lalu.

Pasalnya, sumur sedalam 13 meter dan diameter 1,5 meter tersebut sehari-hari dimanfaatkan oleh warga untuk keperluan rumah tangga.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Pemilik sumur, Misbah Efendi lantas melaporkan kejadian itu kepada petugas pemadam kebakaran di Sukabumi.

Bekerja sama dengan Exalos Indonesia, tim pemadam kebakaran Sukabumi lantas mendatangi lokasi kejadian dan berusaha mengevakuasi ular yang lebih besar dari lengan orang dewasa tersebut.

Dua anggota Exalos Indonesia yakni Soerya dan Muhammad Nurdin datang bersama empat petugas pemadam kebakaran Sukabumi masing-masing Yadi, Mamat, Yudha dan Yusuf.

evakuasi sanca kembang dari sumur
Tim Exalos Indonesia dan pemadam kebakaran Sukabumi, Jawa Barat berpose bersama warga sembari memegang ular sanca kembang berukuran empat meter yang dievakuasi dari sumur tua di Kampung Babakan Pari, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin (3/7/2023) lalu. (Istimewa/Exalos Indonesia)

Proses evakuasi binatang melata itu berlangsung menegangkan karena berada di dalam sumur berdiameter sekitar 1,5 meter.

Dari video yang dikirim ke Solopos.com, Rabu (5/7/2023), evakuasi sanca kembang melibatkan puluhan orang.

Tim pemadam kebakaran membuat kerekan di atas sumur yang dipakai untuk menurunkan satu petugas.

Orang bernama Muhammad Nurdin yang merupakan anggota Exalos Indonesia Sukabumi itulah yang bertugas mengevakuasi ular yang dikenal dengan kekuatan lilitannya itu.

Dengan kerekan, Nurdin perlahan-lahan diturunkan ke dalam sumur tua. Seorang diri Nurdin berusaha menaklukkan dan membawa ular selengan orang dewasa itu keluar dari sumur.

Setelah berlangsung sekitar 30 menit, ular berhasil dipegang kepalanya. Ternyata ular itu melawan. Ia melilit kaki Nurdin yang sedang dikerek ke atas.

Sesampai Nurdin ke atas puluhan warga langsung berteriak histeris lantaran melihat ular besar itu melilit kaki kanan Nurdin.

Beberapa orang lantas membantu Nurdin melepaskan lilitan sanca kembang.

“Aman, yang dililit kaki saya. Kepalanya sudah saya pegang jadi lilitannya tidak membahayakan,” ujar Nurdin.

Ketua Exalos Indonesia, Janu Wahyu Widodo menuturkan awalnya ada warga bernama Efendi yang melapor ke Kantor Damkar Sukabumi bahwa ada ular besar masuk ke dalam sumurnya.

Damkar Sukabumi lantas menghubungi Exalos Indonesia untuk diajak mengevakuasi ular yang besarnya bisa sepaha orang dewasa tersebut.

“Sebenarnya cara nangkapnya sama kayak di darat, cuma bedanya kalau di dalam sumur kan sempit. Tapi anggota Exalos sudah terlatih jadi tidak menjadi kesulitan,” ujar Janu saat dihubungi Solopos.com.

Dikutip Solopos.com dari wikipedia, sanca kembang atau sanca batik atau disebut juga sanca timur laut adalah sejenis ular dari suku Pythonidae yang berukuran besar dan memiliki ukuran tubuh terpanjang di antara ular lain.

Ukuran terbesarnya dikatakan dapat melebihi 8.5 meter dan merupakan ular terpanjang di dunia.

Sanca kembang disebut lebih panjang dari anakonda (Eunectes), ular terbesar dan terpanjang di Amerika Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya