SOLOPOS.COM - Presiden China Xi Jinping (kedua kanan) didampingi Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi yang juga sebagai Ketua Bidang Dukungan Penyelenggaraan Acara G20 Luhut Binsar Pandjaitan (kiri) dan Gubernur Bali I Wayan Koster (kanan) setibanya di Terminal VVIP I Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Senin (14/11/2022). Kedatangan Presiden China tersebut untuk menghadiri KTT G20 yang akan berlangsung pada 15-16 November mendatang. ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/M Risyal Hidayat/wsj.

Solopos.com, MANGUPURAPresiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyampaikan komentar terkait sejumlah isu dunia terakhir termasuk pertemuannya dengan Presiden China Xi Jinping di sela-sela acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali, Senin (14/11/2022). Biden cukup yakin China tidak akan menempuh jalan konflik untuk menyelesaikan masalah Taiwan.

China, kata Biden, bahkan siap bekerja sama dan berkompromi dalam berbagai masalah yang kerap menjadikan hubungan kedua negara berada dalam kondisi panas dingin. “Saya tidak berpikir ada godaan dari pihak China untuk menyerang Taiwan dan saya menjelaskan bahwa kebijakan kami di Taiwan tidak berubah,” ujar Biden di Bali.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Biden juga mengungkapkan optimismenya mengenai komitmen antara China dan AS pada masa yang akan datang. Amerika dan China sepakat untuk mencari masalah yang dirujuk dan akan menugaskan staf di kabinet untuk menindaklanjuti hal tersebut.

Baca Juga AirNav Jamin Pelayanan Prioritas Delegasi dan Tamu VVIP KTT G20

Kendati demikian, Biden tetap menyinggung bahwa sikapnya terhadap Taiwan tidak berubah. “One China policy tidak berubah dan kita menolak,” tegas Biden.

Kata Xi Jinping Presiden China, Xi Jinping mengatakan bahwa dunia sedang memperhatikan pertemuan perdananya dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di sela-sela KTT G20 di Bali, Indonesia.

Biden menyambut Xi Jinping dengan senyuman pada pertemuan itu. Dia mengutarakan keinginan AS dan China mengelola perbedaan dan mencegah persaingan menjadi konflik. Xi Jinping juga menyapa pemimpin AS itu dan mengatakan, “Senang bertemu dengan Anda.”

Baca Juga Xi Jinping Jadwalkan Temu Bilateral dengan Jokowi di Sela KTT G20 Bali

Terlihat raut senang di antara keduanya. “Saat ini hubungan China-AS berada dalam situasi sedemikian rupa sehingga kita semua sangat peduli karena ini bukan kepentingan fundamental kedua negara dan rakyat kita, dan bukan itu yang diharapkan masyarakat internasional (dari) kita,” kata Xi Jinping dalam sambutannya seperti dikutip dari CNN, Senin (14/11/2022).

Selanjutnya, Xi menekankan pentingnya menentukan arah dalam hubungan yang dijalin antara AS dan China.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Bertemu Xi Jinping, Ini Sikap Biden Tentang Taiwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya