SOLOPOS.COM - Ilustrasi ibadah haji. (Freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA–Kementerian Agama (Kemenag) mengusulkan rata-rata biaya perjalanan ibadah haji (bipih) 1444 H/2023 M senilai Rp69,19 juta dari sebelumnya Rp39,9 juta. Nilai itu merupakan 70% dari usulan rata-rata biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) yang mencapai Rp98,89 juta. Bipih merupakan biaya yang harus dikeluarkan setiap anggota jemaah haji.

Menteri Agama (Menag) Menag Yaqut Cholil Qoumas mengatakan usulan kenaikan ini dilakukan demi menjaga keberlangsungan dana nilai manfaat di masa depan.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

“Usulan ini atas pertimbangan untuk memenuhi prinsip keadilan dan keberlangsungan dana haji. Formulasi ini juga telah melalui proses kajian,” ujar Yaqut dalam Rapat Kerja bersama Komisi VIII DPR, dikutip dari siaran pers, Kamis (19/1/2023).

Ternyata biaya perjalanan haji di Indonesia selama ini masih terhitung lebih murah ketimbang Malaysia dan Brunei Darussalam.

Seperti diketahui, Indonesia, Malaysia, Brunei menjadi penyumbang jemaah haji terbanyak di antara negara Asia Tenggara lain. Lantas berapa biaya perjalanan haji di Malaysia dan Brunei?

 

Biaya Haji di Malaysia

Dikutip dari Lembaga Tabung Haji (TH), biaya penyelenggaraan BPIH di Malaysia mencapai 28.632 RM atau sekitar Rp 100 juta. Sedangkan, bipih yang ditanggung tiap anggota jemaah terbagi menjadi dua golongan. Pertama yakni 10.980 RM atau Rp38,6 juta untuk golongan B40. Kedua, golongan bukan B40 senilai 12.980 RM atau Rp45,6 juta.

Untuk diketahui, B40 (buttom 40%) merupakan kelas ekonomi masyarakat dengan pendapatan terbawah yang mendapat banyak subsidi.

 

Biaya Haji di Brunei Darussalam

Bipih di Brunei Darussalam tergolong yang paling mahal. Bahkan, lebih mahal dibanding Indonesia dan Malaysia. Mengutip dari Darussalam Holdings, salah satu agen travel resmi, bipih di Brunei mencapai Rp176 juta/orang pada 2022.

Ada juga biaya perjalanan yang mematok harga Rp200 juta-Rp250 juta/orang. Apa yang membuatnya mahal? Biaya perjalanan mahal tersebut dibedakan dari living cost jemaah, yakni pilihan tempat menginap yang berbeda.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Perbandingan Biaya Haji Indonesia, Malaysia dan Brunei, Mahal Mana?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya