SOLOPOS.COM - Chief Executive Officer Freeport McMoran Inc Richard C. Adkerson (tengah) dan Executive Vice President PT Freeport Indonesia Tony Wenas (kanan) saat melakukan pertemuan dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, di Hotel St Regis, Houston, Amerika Serikat, Rabu (26/7/2017) pagi waktu setempat. (Hery Trianto/JIBI/Bisnis)

Ignasius Jonan, Sri Mulyani, dan CEO Freeport McMoran Richard Adkerson, mengumumkan hasil akhir negosiasi Freeport.

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah akan mengumumkan hasil renegosiasi kontrak dengan PT Freeport Indonesia esok, Selasa (29/8/2017). Pengumuman ini sekaligus menjadi akhir dari saga pergulatan dua pihak yang telah digelar sejak terbitnya UU Minerba pada 2014.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

“Besok semuanya diundang pukul 10.00 WIB,” kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan yang hadir mengenakan batik coklat lengan panjang, seusai melapor pada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (28/8/2017).

Berdasarkan informasi, konferensi pers esok digelar di Kementerian ESDM yang akan dihadiri oleh Jonan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan pimpinan Freeport. Rumor yang beredar, pimpinan Freeport yang dimaksud adalah CEO Freeport McMoran Richard C. Adkerson.

Dari sejumlah menteri yang hadir, tidak ada satu pun yang memberikan keterangan secara jelas kepada wartawan mengenai detail pertemuan dan laporan Jonan kepada Presiden Jokowi.

Sebelumnya, sekitar pukul 17.00 WIB Presiden Jokowi secara mendadak memanggil sejumlah menteri untuk membahas babak akhir renegosiasi kontrak antara Pemerintah Indonesia dengan PT Freeport Indonesia (PTFI). Rapat ini digelar setelah Presiden tuntas menggelar rapat mengenai suku bunga dan pangan.

Dari pantauan Bisnis/JIBI, nampak sejumlah menteri hadir dan masuk ke dalam Kompleks Istana Kepresidenan. Selain Jonan, nampak menteri lain seperti Menteri Koordintor Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Trikasih Lembong yang telah berada di dalam istana.

Adapun, Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno juga buru-buru kembali setelah meninggalkan istana kurang dari 30 menit seusai rapat pangan. Jonan sendiri pada pagi hingga siang hari ini telah bertemu dengan sejumlah pimpinan Freeport McMoran yang merupakan induk usaha dari PTFI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya