SOLOPOS.COM - Calon presiden dan calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan (kiri) dan Muhaimin Iskandar (kedua kiri), Capres dan Cawapres dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto (ketiga kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (ketiga kanan), serta Capres dan Cawapres Ganjar Pranowo (kedua kanan) dan Mahfud MD (kanan) berfoto bersama dengan menunjukkan nomor hasil undian pada Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Capres dan Cawapres Pemilu Tahun 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (14/11/2023). (JIBI/Bisnis Indonesia/Fanny Kusumawardhani)

Solopos.com, JAKARTA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat perdana calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) yang berkompetisi dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pada esok hari, Selasa (12/12/2023).

Debat perdana ini akan disiarkan langsung oleh TVRI dan RRI. Debat yang akan diikuti tiga pasangan calon, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md itu akan dimulai sekitar pukul 19.00 WIB.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Debat perdana ini menjadi kesempatan para calon pemimpin negeri untuk memaparkan visi dan misi serta berdiskusi tentang keberlanjutan pembangunan di Tanah Air. Adapun debat pertama mengambil tema tentang pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

KPU mengumumkan 11 nama pan elis untuk debat perdana capres 2024. Panelis yang dipilih adalah sosok yang berkompeten di bidangnya. Adapun 10 di antara panelis itu merupakan akademisi dari berbagai perguruan tinggi negeri di Tanah Air.

Mereka adalah Mada Sukmajati (Pakar Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada), Rudi Rohi Ahli (Pakar Ilmu Politik Universitas Nusa Cendana), Lita Tyesta (Ahli Hukum Tata Negara Universitas Diponegoro), Khairul Fahmi (Pakar Hukum Universitas Andalas), Agus Riewanto (Pakar Hukum Tata Negara Universitas Sebelas Maret), Susi Dwi Harijanti (Pakar Tata Hukum Negara Universitas Padjadjaran), Bayu Dwi Anggono (Guru Besar Universitas Jember), Al Makin (Guru Besar Studi Agama Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga), Gun Gun Heryanto (Pengajar UIN Syarif Hidayatullah), dan Wawan Mas’udi (Dekan Fisipol Universitas Gadjah Mada).

Sedangkan satu-satunya panelis yang berasal dari kalangan non-akademisi adalah Ahmad Taufan Damanik yang pernah menjabat sebagai Ketua Komnas HAM periode 2017-2022.

Komisioner KPU August Mellaz mengatakan, seluruh panelis tersebut menjalani karantina sejak Minggu (10/12/2023) lalu hingga hari-H debat perdana Pilpres 2024 berlangsung. Selama karantina, para panelis merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan kepada para pasangan calon (paslon).

Debat ini merupakan satu dari lima rangkaian debat yang akan dilaksanakan sesuai dengan amanat UU Nomor 7/2017 tentang Pemilu. Dalam UU Pemilu tersebut juga diamanatkan agar debat disiarkan secara luas kepada masyarakat Indonesia.

Debat calon presiden dan wakil presiden dimulai sejak pemilu presiden secara langsung dilaksanakan. Pemilu presiden secara langsung baru diterapkan pada 2004, di era Pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya