SOLOPOS.COM - Pasukan Rusia telah menghancurkan bangunan, infrastruktur, dan aset fisik lainnya senilai US$100 miliar di Ukraina sejak penyerbuan militer Rusia ke Ukraina pada 24 Februari 2022 hingga kini. (aa.com.tr)

Solopos.com, JAKARTA–Rusia melakukan pertukaran tahanan dengan Ukraina, dari banyaknya tahanan yang bebas terdapat seorang warga negara Amerika Serikat (AS) yang ditahan sejak Juni lalu. Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky mengatakan dalam pidato malamnya, bahwa Ukraina telah menerima 64 tentara, termasuk 4 perwira, dan 60 tentara lainnya.

Penasihat Zelensky mengatakan bahwa kesepakatan itu juga membebaskan seorang warga AS, Suedi Murekezi. Meski begitu, seorang juru bicara (jubir) Gedung Putih menolak untuk mengonfirmasi kesepakatan antara Ukraina dengan Rusia tersebut.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

“Kami tentu menyambut baik berita itu,” kata jubir Gedung Putih, seperti dikutip Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) dari BBC, pada Kamis (15/12/2022).

Baca Juga Plastik dan Minuman Manis Kena Cukai

Kepala staf Ukraina, Andriy Yermak mengatakan bahwa personel militer yang dibebaskan itu telah bertempur di Donetsk dan Luhansk. Yermak dalam media sosialnya mengatakan bahwa Murekezi ialah seorang veteran Angkatan Udara AS yang telah membantu orang-orang Ukraina sebelum akhirnya berada di tahanan Rusia.

Melansir dari kantor berita Rusia, TASS bahwa Murekezi sebelumnya ditangkap di wilayah timur Donetsk pada bulan Juni lalu. Ia didakwa karena menghadiri protes anti-Rusia dan menghasut kebencian etnis.

Murekezi mengatakan bahwa dia telah menghabiskan berpekan-pekan di ruang penyiksaan di ruang bawah tanah, di mana dia disetrum dan dipukuli oleh para petugas di tahanan. Lebih lanjut, dia menyatakan bahwa Rusia telah menuduhnya sebagai agen CIA.

Baca Juga Berhitung Daya Beli Mobil Listrik

Murekezi sendiri ialah kelahiran Rwanda dan menetap di Ukraina pada tahun 2018. Adapun ia dilaporkan telah tinggal di negara bagian Minnesota, AS dan menghabiskan delapan tahun di Angkatan Udara AS hingga 2017.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, John Kirby mengatakan dirinya tidak dapat mengonfirmasi pembebasan Murekezi karena pertimbangan privasi. Murekezi ditahan untuk sementara waktu dengan dua orang Amerika lainnya yang telah melakukan perjalanan ke Ukraina untuk berperang.

Rusia telah membebaskan Alexander John Robert Drueke dan Andy Tai Ngoc Huynh pada bulan September lalu dalam pertukaran tahanan dengan Ukraina yang ditengahi oleh Arab Saudi.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Tukar Tahanan dengan Rusia, Ukraina Terima 64 Tentara dan 1 Warga AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya