SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO – Mahasiswa Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Solo melakukan pengujian kandungan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo, Mojosongo, Jebres, Solo, Rabu (28/11/2012).

Berdasarkan rilis yang diterima Solopos.com, Sabtu (1/12), dijelaskan pengujian itu dilakukan karena sampah di TPA setempat dinilai kurang termanfaatkan, sehingga mahasiswa tergerak untuk melakukan pengujian terhadap komponen-komponen yang terkandung di dalamnya dan mencari unsur-unsur yang dapat dimanfaatkan.

Dosen pembimbing kegiatan itu, Setie Harieni, dalam rilisnya menjelaskan tujuan dari praktikum itu untuk menganalisa komponen-komponen organik dan anorganik yang terkandung dalam sampah agar dapat dimanfaatkan lagi. Selain itu untuk menumbuhkan kepedulian mahasiswa dalam mengatasi permasalahan persampahan di Solo.

Lebih lanjut dijelaskan tahap pengujian itu dimulai dari pengambilan sampel sampah dari beberapa titik yang berbeda dalam area TPA, kemudian sampel itu dibawa ke laboratorium untuk dianalisis kandungan unsur kimiawinya, setelah itu diuraikan manfaat unsur-unsur itu dalam bidang pertanian, misalnya untuk pembuatan pupuk organik dan pestisida organik. Nenden Sekar Arum/JIBI/SOLOPOS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya