SOLOPOS.COM - Pelantikan Berlinda Ursula Mayor sebagai Ketua Pengadilan Negeri Manokwari, Papua Barat, Rabu (4/1/2023). (ANTARA/Tri Adi Santoso)

Solopos.com, JAKARTA – Berlinda Ursula Mayor menjadi perempuan hakim pertama yang menjabat sebagai ketua pengadilan negeri (PN) di Papua setelah dilantik Ketua Pengadilan Tinggi Papua Barat Hery Supriyono, Rabu (4/1/2023).

Berlinda juga menjadi putri daerah asal Papua yang pertama kali menjadi Ketua PN Manokwari sejak pengadilan itu terbentuk di tahun 1966.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

“Yang kami lantik adalah putra daerah dan baru satu-satunya di Papua pengadilan negeri dijabat oleh seorang wanita,” kata Hery seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Berlinda dilantik berdasarkan Surat Keputusan (SK) Mahkamah Agung (MA) RI Nomor 2457/DJU/SK/KP.045/11/2022 tentang Promosi Ketua Wakil Ketua dan Hakim Pengadilan Negeri.

Wanita kelahiran Jayapura pada 4 Desember 1974 tersebut merupakan putri dari mantan Ketua PN Jayapura Efraim Mayor.

“Saya yakin sejarah ini akan terus berlanjut karena melihat gelar akademis yang dimiliki oleh Berlinda, bukan tidak mungkin akan mengemban jabatan yang lebih tinggi lagi,” tambah Hery.

Dia juga berharap Berlinda bisa menjadi pemimpin amanah, terlebih dengan rencana kenaikan kelas untuk PN Manokwari.

“Dengan pelantikan ini, sebagai kebanggaan masyarakat Papua, harapan saya mudah-mudahan bisa menjadi pemimpin yang baik,” tambahnya.

Berlinda berharap lebih banyak putra dan putri asli Papua yang dapat meniti karir di MA.

Selain Belinda, terdapat 11 hakim asli Papua yang sedang meniti karier di Tanah Air.

“Di seluruh Indonesia, ada sekitar 12 orang anak asli Papua, termasuk saya. Saya harap semakin banyak lagi anak Papua yang berkarir di dunia peradilan,” ujar Berlinda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya