SOLOPOS.COM - Suasana  lelang Sotheby's. (Sothebys.com)

Solopos.com, JAKARTA — Salah satu berlian terlangka di dunia yang dikualifikasikan sempurna akan dilelang di Sotheby's, balai lelang terkemuka dunia, bulan depan. Berlian itu berukuran seperti telur atau permen lolipop besar itu diperkirakan akan dijual dengan harga US$12 juta atau setara Rp180 miliar hingga US$30 atau setara dengan Rp450 miliar.

Sotheby's, Kamis (10/9/2020), mengatakan bahwa berlian putih 102,39 karat tanpa cela ini adalah berlian oval terbesar kedua dari jenisnya yang ditawarkan di pelelangan. Yang terbesar, berlian 118,28 karat, mencetak rekor harga US$30,8 juta atau Rp462 miliar saat dijual pada 2013.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Ilmuwan Perbesar Dark Matter, Kerangka Alam Semesta Terungkap

Hanya ada tujuh berlian serupa yang dikenal sebagai berlian warna D sempurna atau berlian putih tanpa cacat, lebih dari 100 karat yang pernah dilelang.

"Semakin banyak orang yang memahami bahwa sesuatu yang berusia miliaran tahun dan seukuran permen lolipop dapat menyimpan nilai sebanyak lukisan diri Rembrandt atau Basquiat," kata Gary Schuler, kepala perhiasan dunia di Sotheby's, dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Reuters oleh Kantor Berita Antara.

Dipotong 1 Tahun

Pesona berlian 100+ karat yang akan dilelang di Sotheby's Hong Kong pada 5 Oktober (Antara-Reuters-Carlo Allegri)
Pesona berlian 100+ karat yang akan dilelang di Sotheby's Hong Kong pada 5 Oktober (Antara-Reuters-Carlo Allegri)

Berlian akan dilelang di Sotheby's di Hong Kong pada 5 Oktober. "Berlian dengan ukuran dan kaliber ini telah terjual antara US$11,9 juta hingga US$33,7 juta," kata Quig Bruning, kepala departemen perhiasan Sotheby di New York.

Sotheby's mengatakan permata itu dipotong dari butiran kasar 271 karat yang ditemukan di Tambang Victor di provinsi Ontario, Kanada pada 2018. Berlian itu dipotong serta dipoles selama lebih dari satu tahun.

I’m Tee, Me Too Andalkan 6 Pemain Drama Thailand Paling Diminati

Dua dari berlian besar paling terkenal - Koh-i-Noor dan The Cullinan 1 - yang juuga tergolong sebagai berlian sempurna adalah milik kerajaan Inggris. Berlian tersebut merupakan bagian dari Permata Mahkota Inggris.

Rekor dunia untuk setiap berlian atau permata yang dijual di lelang ditetapkan pada 2017 ketika berlian merah muda cerah 59,60 karat dijual seharga US$71,2 juta. Berlian itu, menurut Sotheby's , terjual ke perusahaan perhiasan Hong Kong Chow Tai Fook.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya