SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Foto: AFP

Ohio  (Solopos.com) – Sebanyak 56 hewan langka berkeliaran bebas di Ohio, Amerika Serikat. Pemiliknya membebaskan hewan-hewan tersebut sebelum akhirnya bunuh diri. Akibatnya polisi setempat harus menembak mati beberapa hewan tersebut.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Polisi terpaksa menembak mati hewan-hewan itu karena khawatir warga akan terluka. Namun penembakan hewan itu diprotes oleh petugas konservasi. Menurutnya, sebagian hewan yang ditembak mati seperti 18 harimau Bengal merupakan hewan langka yang seharusnya dilindungi.

Seperti dilansir AFP, Kamis (20/10/2011), salah satu polisi setempat, Sheriff Matt Lutz, mengatakan petugas tiba di lokasi peternakan pada malam hari dan melihat banyak binatang buas berkeliaran bebas.

“Keselamatan publik adalah nomor satu yang kami perhatikan. Kami tidak berbicara tentang hewan peliharaan rumah seperti kucing atau anjing,” kata Lutz.

Dia memuji keberanian para petugas yang meninggalkan mobil patroli untuk menghadapi binatang hanya dengan bersenjatakan pistol. Namun ia berharap mereka tidak pernah menghadapi kejadian mengerikan seperti ini lagi.

“Kami tidak pergi ke akademi dan dilatih tentang bagaimana menangani harimau Bengal. Aku hanya senang mereka memiliki keberanian untuk keluar dari mobil,” ujarnya.

Beberapa saat setelah itu, tim SWAT dan ahli dari Kebun Binatang Columbus dipanggil untuk membantu berburu binatang. Sementara para warga diperingatkan agar tetap tinggal di rumah mereka masing-masing.

“Ada satu harimau yang sangat agresif terpaksa ditembak mati setelah harimau itu bertingkah liar kemudian lari menuju hutan. Sebelumnya ia sempat ditembak dengan obat bius namun tak mempan,” kisah Lutz.

Hewan-hewan yang ditembak petugas antara lain dua serigala, enam beruang hitam, dua beruang Grizzly, sembilan singa jantan, delapan singa betina, satu beruang gunung, dan babon. Sementara polisi hanya berhasil menangkap hidup-hidup sebanyak enam binatang yakni seekor beruang Grizzly, tiga macan tutul dan dua monyet. Malang bagi seekor monyet yang tewas tertabrak mobil.

Hewan yang berhasil diselamatkan akan dibawa ke kebun binatang. Pemerintah Ohio memperbolehkan seseorang memiliki hewan liar namun dibatasi oleh undang-undang yang berlaku. dtc

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya