SOLOPOS.COM - Anggota tiga komunitas di Sragen mengunjungi Sulami, 35, wanita dengan penyakit langka di rumahnya, Dusun Selorejo Wetan, RT 31, Desa Mojokerto, Kedawung, Sragen, Minggu (8/1/2017). (Moh. Khodiq Duhri/JIBI/Solopos)

Berita terpopuler Solopos.com kali ini mengenai “manusia kayu” asal Sragen yang terus beribadah dan berkreasi hingga kabar 100 CCTV di jalan Jogja-Solo ternyata hoax.

Solopos.com, SOLO — Bacaan Surat Al-Baqoroh terdengar lirih di sebuah rumah mungil berdinding batako dipadu tripeks di Dusun Selorejo Wetan, RT 31, Desa Mojokerto, Kedawung, Sragen, Minggu (8/1/2017).

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Seorang wanita berjilbab warna merah jambu terbujur kaku di dipan. Telapak kaki kanannya diperban. Dia terbaring. Pandangan matanya tertuju pada Alquran di kedua tangannya yang disangga bantal di perut.

Mulutnya komat kamit membaca larik demi larik ayat suci. Sehari-hari, waktu Sulami, 35, lebih banyak dihabiskan di dipan. Di dipan itu, dia menunaikan salat lima waktu, berzikir, serta membaca Alquran.

Terkadang dia membuang rasa jenuh dengan membuat kerajinan tangan yang terbuat dari manik-manik. Semua aktivitas itu dilakukan Sulami dalam kondisi terbaring di dipan.

Seluruh anggota badan Sulami sudah kaku sejak 20 tahun lalu. Untuk bangun dari tidur, dia harus dibantu neneknya, Suginem, 90. Meski pelan, Sulami masih bisa berjalan.

Gerakannya seperti robot karena persendian tangan dan kakinya kaku, tak berfungsi. Warga sekitar menyebut Sulami “manusia kayu” karena hampir seluruh badannya berubah jadi kaku layaknya kayu.

“Saya seperti ini sejak kelas IV SD. Saat itu, hanya tangan kanan saya yang kaku. Setelah itu menyusul anggota badan lain. Jadi, semua anggota badan saya tidak langsung kaku, tapi satu per satu,” kata Sulami kala berbincang dengan Solopos.com di rumahnya.

Penyakit langka “manusia kayu” asal Sragen menjadi berita terpopuler Solopos.com, Senin (9/1/2017). Berita terpopuler lainnya kabar 100 CCTV di jalan Jogja-Solo hoax, curhat Ganjar kepada Jokowi, narkoba Sragen, kisah inspiratif tukang becak hingga bea balik nam di Samsat Solo gratis hingga Februari 2017.

Simak berita terpopuler Solopos.com, Senin:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya