SOLOPOS.COM - Sejumlah benda peninggalan sejarah yang ditemukan di Sukoharjo tersimpan di Kampus Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo. Ada 163 benda bersejarah yang tersimpan di tempat itu. Foto diambil pekan lalu. Espos/Aries Susanto Warga Kelurahan Joho, Kecamatan Sukoharjo, Antonius Bimo Wijanarko, menunjukkan beberapa pecahan tembikar yang berserakan di areal persawahan desa tersebut. Areal persawahan itu kerap jadi lokasi perburuan benda-benda kuno. Foto diambil Minggu (9/11). Espos/Aries Susanto Sebuah lumpang yang diduga berasal dari zaman prasejarah atau sebelum abad V Masehi dibiarkan begitu saja di areal persawahan Kelurahan Joho, Kecamatan Sukoharjo. Foto diambil Minggu (9/11/2014). (Aries Susanto/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO – Harta karun di Sukoharjo jadi topik terpopuler Solopos.com Kamis-Jumat (13-14/11/2014). Seperti diberitakan Salah satu lahan perburuan harta karun itu adalah areal persawahan di kawasan Kelurahan Joho di dekat perbatasan dengan Kelurahan Mandan, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Pada musim kemarau, di mana air sulit didapat, lahan persawahan itu dibiarkan kering. Berdasarkan pengamatan Solopos.com, Minggu (9/11/2014), lahan itu tampak berlubang di sana-sini. Diameter lubang itu rata-rata 30 sentimeter (cm). Di sekitarnya berserakan pecahan-pecahan tembikar.

Promosi BRI Kembali Gelar Program Pemberdayaan Desa Melalui Program Desa BRILiaN 2024

Aktivitas penggalian lahan lahan untuk mencari benda kuno sudah berlangsung sejak belasan tahun silam. Namun, ia tak tahu persis kapan kali pertama aktivitas penggalian lahan sawah warga itu dilakukan.

Selain topik ini, ada kabar tentang identitas artis FTV berinisial VM yang terjaring razia, tiga kandidat pemain terbaik Asia hingga sinopsi Jodha Akbar. Simak daftar berita terpopuler Solopos.com hari ini, Jumat (14/11/2014), berikut;

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya